review1st.com – Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) dirayakan setiap 10 Agustus. Momentum aktif dalam teknologi di Indonesia. Unjuk gigi perkembangan dan pencapaian teknologi.

Inovasi teknologi terkini, khususnya machine learning, IoT, dan jaringan 5G, membawa peluang baru. Tapi, ancaman keamanan siber meningkat. Internet dan smartphone memperluas cakupan serangan di Indonesia. Menurut laporan Unit 42 Palo Alto Networks, ransomware sering dikirim melalui URL atau penelusuran web, mencapai 77%.

“Masih dalam semangat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, mengintegrasikan keamanan siber ke dalam struktur organisasi sangatlah penting untuk kesuksesan program keamanan siber. Kebangkitan teknologi nasional dan pengembangan keamanan siber sangat berkaitan, sehingga lanskap ancaman siber juga terus berkembang,” ujar Adi Rusli, Country Manager Indonesia di Palo Alto Networks

“Hal ini menuntut adanya upaya kolektif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, lembaga pendidikan, dan juga masyarakat. Melalui pemanfaatan kecanggihan teknologi dan upaya-upaya keamanan siber yang mumpuni, Indonesia dapat meningkatkan kapabilitasnya, mengamankan infrastruktur penting, serta mendorong terciptanya lingkungan digital yang aman dan nyaman bagi masyarakat dan bisnis untuk berkembang,” tambah Adi

Dalam era digital, antisipasi ancaman siber krusial. Data terbobol dan penipuan finansial mengancam bisnis. Kesadaran dan pendidikan keamanan cyber esensial, perlindungan diri diperlukan. Edukasi tentang risiko ancaman siber kunci.

Sektor industri dan perusahaan penyedia layanan teknologi memainkan peran penting dalam melindungi keamanan data dan informasi dari serangan siber. Mengatasi implikasi dari teknologi yang sedang berkembang ini terhadap tata kelola keamanan siber merupakan langkah yang amat penting. Strategi semacam itu kian mendesak seiring dengan semakin terhubungnya dan semakin bergantungnya masyarakat pada teknologi digital. 

BACA JUGA
ASUS ExpertBook B6602FC2: Laptop Mobile Workstation Optimal untuk Produktivitas Bisnis

Kolaborasi diperlukan antara pemerintah dan pihak terkait untuk tingkatkan perlindungan dan ketahanan keamanan siber. Pemerintah Indonesia mengambil langkah-langkah, seperti Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2023, untuk menghadapi ancaman siber. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional mengingatkan akan pentingnya pertahanan dan pengetahuan keamanan digital.

Shares: