Home Berita Cek Spesifikasi & Harga Sony Play Station 5, Rilis 19 November!

Cek Spesifikasi & Harga Sony Play Station 5, Rilis 19 November!

Cek Spesifikasi & Harga Sony Play Station 5, Rilis 19 November!

#kamisukareview – Setelah muncul berbagai spekulasi desain, kebocoran spesifikasi dan harga Play Station 5, Sony mengumuman rencana perilisan konsol game ini. Perusahaan resmi mengumumkan jika PS5 akan segera dirilis pada 19 November 2020 mendatang.

Tak hanya itu, pihak Sony juga mengkonfirmasi banderol harga untuk produk game paling ditunggu-tunggu dan disinyalir akan menjadi kompetitor utama Microsoft Xbox Series X juga akan dirilis pada 10 November mendatang.

harga play station 5

Spesifikasi & Harga Sony Play Station 5

Kedua konsol game terbaik ini akan menjadi properti paling panas November ini (yang hanya beberapa minggu lagi), dan akan bersaing menjadi produk konsol game paling diburu sepanjang agenda Black Friday di Amerika Serikat pada Desember nanti.

PS5 akan hadir dengan desain bentuk dan spesifikasi yang sangat berbeda dengan PS4. Dengan skema warna hitam-putih bergaya ruang angkasa mewakili pergeseran utama dari desain PlayStation versi sebelumnya.

Selain itu pihak Sony juga mengumumkan tidak hanya akan merilis satu jenis konsol Play Station 5 pada tahun ini, Sony juga telah mengonfirmasi akan merilis PS5 Digital Edition – konsol khusus digital yang ramping tanpa drive disk.

Kelebihan Sony Play Station 5 atau PS5

Kedua konsol tersebut ditaksir akan medominasi pasar konsol game dunia beberapa tahun ke depan. Sebab dari segi spesifikasi, PS5 (dan alternatif digitalnya) menghadirkan kecanggihan baru dalam CPU berbasis AMD Zen 2 dengan 8 core berkekuatan 3,5GHz.

BACA JUGA
Game Penghasil Saldo DANA Tercepat 2022 di HP

Konsol ini ditunjang kekuatan memori GDDR6 16GB, dan GPU AMD RDNA 2 kustom yang dapat berjalan dengan kecepatan pemprosesan data mencapai 10,28 TFLOP.

Desain

Saat pertama kali memberikan bocoran mengenai desain PS5 pihak Sony telah mengumumkan akan meluncurkan dua konsol Play Station 5 (edisi standar dengan drive disk Blu-ray 4K, dan PS5 Digital Edition).

Konsol yang akan tampil lebih ramping dan bebas cakram, benar-benar berbeda dari PS edisi sebelum-sebelumnya. Keduanya menggunakan pengisian daya USB-tab C dan dapat menggunakan aksesori kamera HD, di samping headset nirkabel PS5.

Campuran melengkung dari plastik hitam dan putih dengan lampu sorot biru, sangat berbeda dari desain ‘kotak hitam’ pada edisi PlayStation sebelumnya.

Pada PS5 Digital Edition ini kamu tidak akan mendapatkan disc-drive seperti yang ada pada Play Station 5, namun varian ini masih mengemas kekuatan dan kinerja yang sama dengan konsol utama.

SSD Internal Besar

SSD Internal yang besar merupakan salah satu fitur utama yang dihadirkan Play Station 5. Penyimpanan internal pada PS5 mencapai 825GB. SSD yang lapang tidak hanya akan membuat performa PS5 memuat lebih cepat.

Pengguna dapat jauh lebih banyak menyimpan dan menginstal game tanpa harus mengkhawatirkan ruang penyimpanan.

Dapur Pacu

Untuk kinerja dapur pacu PS5 menggunakan prosesor berteknologi AMD Zen 2 CPU, dengan delapan core dan 16 thread. Sony PS5 juga akan menghadirkan frekuensi mencapai 3.5GHz.

BACA JUGA
Memperluas Ekosistem, Memperkuat Afinitas Avid Gamer untuk Lenovo Legion

Artinya PS5 akan menjalankan 8x Zen 2 Cores pada 3.5GHz (pada frekuensi variabel) melalui 8x Jaguar Cores di PS4 pada 1.6GHz.

Pindah ke GPU, Sony PS5 akan dipersenjatai dengan GPU AMD RDNA 2, menggunakan 36 unit komputasi yang dibatasi pada 2.23GHz. Puncak kinerja komputasi diklaim mencapai 10,28TF.

PS5 DualSense Controller

kelebihan play station 5 : ps5 dualsense controller

PS5 akan hadir dengan gamepad stick kontroler nirkabel terbaru, yang oleh Sony disebut sebagai pengontrol DualSense PS5, kontroler ini dilabeli dengan harga $ 69,99. berikut bentuknya:

Skema warna pengontrol Play Station 5 ini terdiri dari empat tombol muka, yang masih terdiri dari Segitiga, Lingkaran, Kotak dan X. Ada sembulan warna di sekitar sisi touchpad pusat.

Pengontrol PS5 juga dilengkapi dengan fitur umpan balik haptic di tombol bahu L2 dan R2 yang akan adaptif. Sony menjelaskan bahwa pemicu adaptif ini penting agar pemain merasakan ketegangan saat bermain game.

DualSense kontroler ini juga akan menyertakan mikrofon di dalamnya, memungkinkan para gamer tidak perlulagi menggunakan headset untuk berkomunikasi dengan teman.

Rencana Rilis

Sony secara resmi mengonfirmasi bahwa tanggal perilisan PS5 adalah 12 November untuk AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jepang, Meksiko, dan Korea Selatan. Sementara untuk negara di luar itu harus menunggu seminggu.

Artinya, Play Station 5 tersedia secara global pad 19 November mendatang dan menempatkannya dalam persaingan langsung dengan Xbox Series X, yang dirilis pada 10 November.

BACA JUGA
Cara Download Gratis Windows 11

Tak pelak, dirilis dalam periode waktu yang hampir bersamaan ini memungkinkan PS5 diluncurkan bersamaan dengan game-game paling laris dan paling ditunggu peluncurannya.

Game online seperti Assassin’s Creed: Valhalla, Cyberpunk 2077, dan Call of Duty Black Ops: Cold War yang semuanya akan dirilis pada bulan November.

Tentu saja juga dalam rangka menyambut “Hari Belanja Besar-besaran” Black Friday yang akan melanda Amerika dan Eropa yang jatuh dua minggu kemudian. Adapun pre-order PS5, dibuka segera setelah acara showcase, pada 17 September.

Harga Play Station 5 atau PS5

  • Harga PS5: $ 499,99 (Rp. 7.250.000)
  • Harga PS5 Digital Edition: $ 399,99 (Rp. 5.800.000)

Artinya PS5 $ 100 (Rp. 1.450.000) lebih mahal daripada harga PS4 dan PS4 Pro saat peluncuranya, dan ditaksir tak jauh berbeda dengan harga Xbox Series X.

Untuk versi yang lebih murah pada edisi PS5 ini juga tersedia opsi yang lebih terjangkau dengan menghadirkan Play Station 5 Digital Edition yang berlabel harga $ 399,99 bila dirupiahkan sama dengan Rp. 5.800.000 atau berharga sama dengan PS4.

Spesifikasi:

  • CPU: AMD Zen 2-based CPU with 8 cores at 3.5GHz (variable frequency)
  • GPU: 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
  • GPU architecture: Custom RDNA 2
  • Memory interface: 16GB GDDR6 / 256-bit
  • Memory bandwidth: 448GB/s
  • Internal storage: Custom 825GB SSD
  • IO throughput: 5.5GB/s (raw), typical 8-9GB/s (compressed)
  • Expandable storage: NVMe SSD slot
  • External storage: USB HDD support (PS4 games only)
  • Optical drive: 4K UHD Blu-ray drive
Previous article3 Laptop Acer TravelMate Terbaru 2020 (Intel Tiger Lake & e-SIM 4G LTE)
Next articlePaket Halo Unlimited Telkomsel, Tawarkan Kuota Data Besar
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here