#kamisukareview – CPU Intel Core ‘Tiger Lake’ Generasi ke-11 merupakan yang pertama menampilkan arsitektur grafis Xe terintegrasi baru. Bersamaan dengan itu, perusahaan juga mengumumkan Intel Iris Xe Max.

Sekedar informasi saja, CPU terbaru mereka diumumkan akan segera tersedia di seluruh negara pengguna Intel di dunia. Dan pihak Intel telah mengumumkan bahwa beberapa dari negara tersebut juga akan dikirimkan prototipe GPU diskrit pertamanya, Intel Iris Xe Max.

Dalam pengumuman tersebut, Intel juga telah mengungkapkan detail tentang bagaimana laptop dapat menggunakan GPU Xe yang terintegrasi dan terpisah secara bersamaan untuk meningkatkan kinerja grafis dan mempercepat jenis tugas intensif komputasi atau berbasis AI.

[bacajuga number=5 tag=”intel”]

Nama Intel Iris Xe Max pertama kali boocor ketika Intel menyertakan lencana produk dalam presentasi perombakan identitas mereknya pada bulan September.

Baru-baru ini, akhirnya resmi diumumkan jika Intel Iris Xe Max telah masuk dalam daftar dari produsen laptop, termasuk pengumuman peluncuran laptop Acer baru-baru ini.

GPU Intel Iris Xe Max

Spesifikasi GPU Intel Iris Xe Max

GPU Intel Iris Xe Max didasarkan pada GPU Xe-LP yang sama dengan GPU terintegrasi dalam prosesor Core Tiger Lake Generasi ke-11.

Ini ditargetkan untuk laptop yang tipis dan ringan dan akan dapat bekerja dengan GPU terintegrasi dan diaktifkan melalui kerangka kerja perangkat lunak yang oleh Intel disebut Deep Link. Aplikasi utama yang dapat diakselerasi dengan stacking kemampuan kedua GPU termasuk inferensi AI dan encoding video.

BACA JUGA
Microsoft dan LinkedIn Rilis Work Trend Index 2024: AI dalam Dunia Kerja di Indonesia

Mirip dengan fitur pengoptimalan daya SmartShift AMD, Deep Link juga mampu secara dinamis mengelola daya dan ruang kepala termal antara GPU dan CPU. Menghasilkan peningkatan kinerja CPU yang diklaim sebesar 20 persen saat GPU dalam keadaan idle.

Intel mengklaim pembuatan konten berbasis AI pada Intel Iris Xe Max Discrete mencapai peningkatan hingga 7 kali lebih cepat pada CPU Core i7-1165G7 Generasi ke-11 plus GPU Iris Xe Max dibandingkan dengan laptop dengan CPU Intel Core i7-1065G7 Generasi ke-10 dan GPU Nvidia GeForce MX350.

Sedangkan untuk pengkodean media, Intel mengatakan telah mencapai hasil 1,78X lebih baik daripada dengan Core i9-10980HK dan GeForce RTX 2080 Super (MaxQ).

GPU Iris Xe Max memiliki hingga 96 unit excecution yang sama dengan implementasi terintegrasi top-end, tetapi memiliki kecepatan clock maksimum yang lebih tinggi yaitu 1,65GHz.

Hal ini dikarenakan memanfaatkan teknologi transistor SuperFin 10nm Intel. Ini dapat memanfaatkan kecepatan PCIe 4.0 untuk terhubung ke CPU, dan memiliki memori LPDDR4X 4GB dengan bandwidth 68GBps.

Kinerja ini ditaksir mampu menjalankan hingga empat layar secara bersamaan melalui HDMI 2.0b, DisplayPort 1.4 atau eDP internal. Shading kecepatan variabel dan sinkronisasi adaptif didukung.

Dalam hal kinerja gaming, Iris Xe Max diposisikan melawan GPU diskrit level awal GeForce MX350 milik Nvidia, sehingga pengguna dapat bermain game yang berat terbaru pada 1080pixel pada pengaturan sedang hingga rendah dengan kecepatan frame di atas 30fps.

BACA JUGA
5G Mempercepat Visi Indonesia Emas 2045 Menurut Ericsson

Acer, Asus, dan Dell secara bersamaan akan meluncurkan laptop pertama yang menampilkan GPU Iris Xe Max ini. Acer Swift 3X, Asus VivoBook TP470, dan Dell Inspiron 15 7000 2-in-1 semuanya akan dijual di beberapa negara pada bulan November.

Shares: