review1st.com – Deel, platform manajemen sumber daya manusia global, diluncurkan di Indonesia pada 11 Juli 2023. Ini memudahkan perusahaan untuk mengelola tim global dengan efisien melalui satu platform, dan telah memiliki 15.000 pelanggan di 150 negara.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai 4,7-5,5% pada 2024 berkat kinerja ekspor positif. Namun, perusahaan Indonesia menghadapi tantangan dalam mengembangkan bisnis global karena kompleksitas hukum, pajak, dan budaya lokal.

Platform membantu perusahaan membangun dan mengelola tim global dengan mudah. Platform ini mendukung onboarding karyawan sesuai regulasi setempat, menyponsori visa, dan mengatur gaji melalui entitas Deel di seluruh dunia.

Deel menawarkan infrastruktur SDM global dan layanan konsultasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis di luar negeri. CEO Deel, Alex Bouaziz, berharap dapat mendukung bisnis-bisnis di Indonesia dalam mengembangkan tim global mereka.

Platform tiba di Indonesia ketika permintaan akan SDM ahli meningkat, terutama di bidang digital dan teknologi. Diperkirakan akan ada kekurangan 47 juta tenaga digital terampil di Indonesia pada tahun 2030.

Dengan solusi Deel, perusahaan Indonesia dapat mencari karyawan terampil di luar negeri dan memperluas pencarian individu terampil untuk mendukung perusahaan lokal dan meningkatkan keterampilan bakat SDM dalam negeri.

Sebelumnya, Flatform telah membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membangun tim global mereka. Diantaranya adalah Telin, penyedia layanan telekomunikasi internasional dan anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia, yang sudah menggunakan platform Deel untuk menguji pasar potensial baru untuk ekspansi. Dengan demikian, Telin menghindari proses yang tidak efisien, sehingga membantu mendorong pendapatan dan pertumbuhan internasional mereka.

BACA JUGA
realme C63: Smartphone Terbaru dengan Pengisian Daya Tercepat dan Desain Mewah Premium Vegan Leather

Deel Memperkuat Kehadiran di Indonesia melalui Kemitraan dan Pertumbuhan yang Pesat

Wayan Damayanti, Human Capital Specialist, Telin, menjelaskan, “Nilai lebih yang ditawarkan Deel adalah memungkinkan kami menangani semua aspek kepatuhan dalam perekrutan dan pengoperasian proses penggajian di seluruh dunia. Solusi Deel telah menghemat waktu yang signifikan bagi Telin dibandingkan jika kami melakukannya sendiri.”

Sejalan dengan peluncuran ini, Deel juga bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dalam sebuah panel diskusi untuk meningkatkan kesadaran tentang perekrutan lintas batas, tantangan bisnis terkait ekspansi internasional bagi perusahaan-perusahaan Indonesia, dan cara untuk mengatasi kekurangan keterampilan lokal.

“Melalui kerjasama ini, kami menandai awal operasi kami di Indonesia dan menggarisbawahi komitmen kami untuk mendukung upaya ekspansi bisnis di Indonesia,” kata Karen Ng, Kepala Ekspansi Deel, Asia.

Berdiri sejak tahun 2019, Deel telah berkembang pesat dalam waktu empat tahun, dengan lebih dari 2.000 karyawan yang berada di lebih dari 100 negara. Pada Januari 2023, Deel mengumumkan bahwa mereka telah mencapai EBITDA positif, dengan pendapatan tahunan yang berulang sebesar USD $295 juta. Deel memiliki valuasi sebesar USD $12 miliar, dengan investor termasuk Andreessen Horowitz, Coatue, dan Emerson Collective.

Shares: