review1st.com –Tak hanya menghadirkan kesejukan di dalam ruangan, AC pintar zaman sekarang ternyata bisa menyaring bakteri berbahaya atau nakal. Jadi selain sebagai penyejuk udara, perangkat ini bisa membantu membersihkan udara di rumah dan dalam ruangan.

Salah satunya adalah air conditioner (AC) Samsung WindFree Ultra. Samsung tak hanya merancang AC berbanderol antara Rp8.299.000 sampai Rp13.599.00 ini sebagai pendingin, namun penyejuk udara ini juga berfungsi menjaga kualitas udara ruangan dari bakteri dan kotoran yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Ac pintar udara buruk

Udara di Dalam Ruangan Ternyata Bisa Lebih Berbahaya

Sekedar informasi saja, polusi dalam ruangan ternyata bisa lebih mematikan daripada polusi udara luar ruangan. Pasalnya, polusi udara luar ruangan yang masuk ke dalam ruangan dapat menumpuk hingga konsentrasi yang sangat tinggi.

Faktanya, sebuah studi dua tahun terhadap hampir 10.000 peserta yang dilakukan oleh Lawrence Berkeley National Laboratory menemukan bahwa orang menghabiskan sekitar 87 persen hari mereka di rumah atau gedung, dan 6 persen lainnya di kendaraan tertutup.

Di sisi lain, laporan Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) menunjukkan tingkat polusi udara dalam ruangan (rumah, tempat kerja, sekolah) biasanya 2-5 kali lebih tinggi dari tingkat polusi luar ruangan dan dapat dengan cepat menjadi 100 kali lebih buruk daripada polusi udara luar ruangan.

Polusi udara luar ruangan umumnya terdiri dari polutan seperti PM10 yang berupa debu, serbuk sari dan jamur. Atau PM2.5 yang berasal dari knalpot kendaraan, emisi pabrik, dan asap dari pembakaran kayu , bahan bakar biomassa.

BACA JUGA
Recharge Diri bersama vivo V30e: Temukan Tempat Favorit Anda dengan Pencahayaan Ekstrim

Ada juga partikel ultrafine berdiameter lebih kecil dari 0,1 mikron yang bisa menembus jaringan paru-paru ke dalam aliran darah dan hampir setiap organ dalam tubuh. Lalu terdapat ozon atau kabut asap dari kendaraan dan proses industri.

Polutan udara luar ruangan tersebut dapat menumpuk karena pembalikan suhu, meningkat dengan cepat selama lalu lintas jam sibuk. Tetapi konsentrasi polutan berlebih ini juga bisa mereda atau dibersihkan oleh angin dan panas (teknologi pemurni udara alami bumi).

Sayangnya, polutan udara dalam ruangan tidak selalu terkena proses serupa untuk meminimalkan konsentrasinya. Ventilasi dapat membawa konsentrasi udara luar yang segar atau justru memasukkan lebih banyak udara tercemar ke dalam ruangan.

Hal terburuk yang bisa terjadi, konsentrasi polusi udara menumpuk di dalam ruangan. Tanpa didorong sirkulasi udara yang bagus, kita akan terus menghirup kualitas udara yang buruk atau tercemar.

Cara Pintar Mengatasi Kualitas Udara Buruk

Ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi kualitas udara yang buruk di dalam ruangan. Pertama dengan menjaga kualitas udara di lingkungan sekitar karena udara inilah yang akan bersirkulasi dengan udara di dalam ruangan.

Kedua, bisa dengan meletakkan tanaman yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan seperti tanaman lidah mertua. Dan ketiga menggunakan penyejuk udara (AC) yang memiliki fitur pemurni udara.

AC pintar yang cocok untuk mengatasi kualitas udara yang buruk sekaligus memberikan kesejukan udara yang nyaman adalah Samsung WindFree Ultra.

BACA JUGA
LinkedIn Ungkapkan Trend Pekerjaan dan Skill Paling Diminati untuk Fresh Graduates di Indonesia

Sesuai namanya, AC pintar ini dilengkapi teknologi WindFree cooling untuk menghadirkan kesejukan yang nyaman beserta Air Purification PM1.0 Filter yang bisa membersihkan udara di dalam ruangan dan rumah.

Samsung windfree ultra

Air Purification PM 1.0 Filter memiliki kemampuan:

  • Menangkap partikel yang sangat halus dan mensterilkan lebih dari 99% bakteri
  • Menangkap hingga 90% debu ultra halus dalam waktu 20 menit.
  • Copper antibacterial filter dapat menyaring hingga 99,9% bakteri berbahaya.

AC Samsung WindFree Ultra dapat memurnikan udara dengan fitur-fitur yang sudah lulus standar uji bakteri (Bacteria-1: Staphylocccus aureus ATCC 6538 dan Bacteria-2: Klebsiella pneumoniae ATCC 4352).

Bahkan, AC pintar ini memiliki sensor laser secara otomatis mendeteksi kualitas udara dan membersihkan dirinya sendiri dengan fungsi penyaringan AI. Menariknya lagi Filter PM1.0 ini mudah dicuci dan dapat digunakan kembali.

Tak hanya menghadirkan udara lebih bersih, Samsung AC WindFree Ultra juga menghadirkan udara sejuk nyaman tanpa hembusan angin langsung melalui teknologi WindFree Cooling.

Inovasi WindFree Cooling akan menyebarkan udara sejuk ke seluruh ruangan melalui 23.000 lubang micro, untuk menghindari hembusan angin langsung yang tak nyaman. Teknologi ini juga tidak berisik.

Tingkat kebisingan yang rendah hanya 20dB dan suhu yang terkontrol, sehingga tak perlu harus mengatur suhu terus menerus dengan mematikan dan menyalakan AC. Tidur malam pun jadi lebih berkualitas.

BACA JUGA
Samsung Perkenalkan Sensor Gambar Mobile Terbaru untuk Kualitas Foto Unggul

Samsung AC WindFree Ultra dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings, untuk membantu pengguna mengatur pengoperasian AC melalui smartphone.

Melalui aplikasi SmartThings Anda juga dapat memonitor penggunaan listrik AC, menghitung estimasi biaya, menghemat energi dengan saving mode, dan mengingatkan Anda jika penggunaan energi sudah melewati batas.

Bagaimana? Ingin menjaga ruangan di dalam rumah tetap sejuk sekaligus aman dari udara buruk dan polutan membahayakan, sekaligus menikmati udara sejuk nyaman? Mungkin sudah saatnya kalian menerapkan tiga cara pintar di atas.

Shares: