Home Berita Cara Melihat Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 19

Cara Melihat Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 19

review1st.com – Cara Melihat Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 19 untuk memastikan apakah kamu lolos atau tidak. Pemerintah akan mengumumkan peserta yang berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 19 pada Rabu (1/9/2021) .

“Selamat bagi sobat yang telah menerima SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja gelombang 19. Saat ini, kami sedang mengirimkan dana pelatihan ke akun Prakerja secara bertahap,” tulis akun Instagram Prakerja, @prakerja.go.id, Rabu (1/9/2021).

Peserta Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali.

Saldo pelatihan tidak bisa diuangkan dan harus digunakan untuk membeli pelatihan di platform digital yang tersedia. Dana bantuan pelatihan ini dapat dicek pada dashboard akun, sehingga penerima bisa memantaunya secara berkala.

Pembelian pelatihan pertama harus dilakukan dalam waktu 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai penerima Prakerja.

Jika melewati batas tersebut, maka kepesertaan akan dinonaktifkan atau dicabut, dan saldo bantuan pelatihan akan hangus.

Cara Mengecek Kepesertaan di Kartu Prakerja

1. Dashboard Prakerja

Cara pertama untuk mengetahui lolos atau tidak, kamu dapat secara berkala mengecek dashboard di laman Prakerja, dengan login menggunakan akun masing-masing. Jika dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan muncul status saldo pada dashboard akun.

BACA JUGA
Cara Memindahkan Kontak HP Android ke iPhone

Sedangkan jika tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”. Adapun untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja, kamu perlu menonton 3 video yang telah disediakan.

Sejatinya, video tersebut berisi informasi dasar mengenai Kartu Prakerja, mulai dari mengenali tantangan di dunia kerja sampai penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

“Kamu juga tidak dapat menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Apabila kamu mengalami kendala saat menonton video, kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan,” tulis laman Prakerja.

2. SMS

Selain melalui dashboard, lolos atau tidaknya pendaftaran bisa dicek melalui SMS. Pasalnya, pelaksana Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta yang dinyatakan lolos.

Pemberitahuan SMS ini dikirimkan ke nomor telepon yang digunakan saat membuat akun. Untuk itu pastikan nomor yang kamu masukkan ketika mendaftar telah benar dan masih aktif.

SMS diberikan saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang ada.

Namun jika tidak lolos, jangan berkecil hati. Kamu bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya. “Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang.

Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya,” tulis Prakerja.

Previous articleAtlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 Merasakan Pengalaman Galaxy Z Fold3 5G Yang Pertama Di Indonesia
Next articleVivo X70 5G Akan Diluncurkan 10 September
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup