Home Berita Cara Download Gratis Windows 11

Cara Download Gratis Windows 11

review1st.com – Cara download gratis Windows 11 dengan mudah dan aman, Microsoft mengumumkan Windows 11 akan segera diluncurkan. Setelah melalui tahapan uji coba dibeberapa negara, akhirnya Windows 11 mulai tersedia hari ini dan sudah dapat diunduh secara gratis.

Sistem operasi teranyar penerus Windows 10 ini resmi diumumkan oleh Chief Product Officer, Windows + Devices, Panos Panay.

“Hari ini menandai tonggak sejarah Windows. Pada 5 Oktober di setiap zona waktu di seluruh dunia, Windows 11 mulai tersedia melalui update gratis di Windows 10 yang memenuhi syarat,” tulisnya.

Selain melalui update gratis, Panay juga mengatakan Windows 11 sudah dapat dibeli untuk PC atau perangkat komputer baru.

“Kami bersemangat meluncurkan Windows 11, seluruh pengalaman pengguna membawa Anda lebih dekat dengan apa yang Anda dan menginspirasi Anda untuk berkreasi,” lanjut Panay.

Sebelumnya, Microsoft sendiri telah merilis versi beta untuk Windows 11 pada awal Agustus lalu. Microsoft mengumumkan, pengguna Windows 10 resmi akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis.

Windows 11 juga akan terpasang di perangkat yang dijual dengan pre-load Windows 11 .

Bagi pengguna Windows 10, notifikasi ketersediaan Windows 11 akan dimunculkan di menu Windows Update. Jika belum tersedia, kemungkinan update ini digelontorkan secara bertahap.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk men-download Windows 11 secara gratis:

  1. Cara download Windows 11
  2. Pertama, buka menu pengaturan “Settings” melalui perangkat komputer Anda (PC Desktop/Laptop).
  3. Kemudian, pilih “Pembaruan Windows/Update Windows”.
  4. Selanjutnya, klik “Periksa Pembaruan”.
  5. Jika update tersedia, Anda akan melihat opsi “Pembaruan Fitur ke Windows 11”.
  6. Untuk mengunduh update Windows 11, klik “Download/Unduh dan Install” pada menu yang tersedia.
  7. Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi Windows 11 selesai.
BACA JUGA
Aplikasi Fita, Solusi Kesehatan Digital dari Telkomsel

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan, CPU yang mendukung Windwos 11 adalah Intel generasi 8 atau yang lebih baru. Namun, belakangan Microsoft mengatakan bahwa ada solusi yang bisa digunakan untuk menginstal Windows 11 untuk perangkat lama.

PC dengan CPU lama yang tidak lolos uji pembaruan secara resmi, bisa meng-install Windows 11 secara manual lewat file ISO. Metode ini bisa dilakukan selama PC memiliki CPU 64-bit dual core, kecepatan minimal 1 GHz.

Perangkat juga harus memiliki RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 64 GB, serta chip TPM 1.2.

Namun, jika perangkat lama dengan kondisi tersebut memaksa upgrade ke Windows 11, perangkat tidak mendapatkan akses ke pembaruan Windows atau patch keamanan.

Jika perangkat tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih akan memberikan dukungan untuk Windows 10 hingga 14 Oktober 2025, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/10/2021).

Sedikit tentang Windows 11, sistem operasi teranyar ini hadir dengan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih. Fitur seperti manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android turut dihadirkan di OS Windows terbaru ini.

Perubahan yang paling mencolok terlihat di bagian antarmuka, khususnya pada taskbar dan menu Start. Berbeda dari versi sebelumnya, kedua menu tersebut kini sudah tidak lagi berada di samping kiri, melainkan bergeser ke sisi tengah seperti di tampilan MacOS.

BACA JUGA
HP Second Termurah, Dibawah 1 Jutaan Terbaik 2021

Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih sama yaitu berada di sisi kanan taskbar. Sementara, menu Start kini berada tepat di tengah.

Soal tema, UI Windows 11 tampil lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang terlihat segar. Ini merupakan salah satu perubahan lainnya yang terlihat di Windows 11.

Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store, dan bisa berjalan di Windows 11 tanpa perlu modifikasi khusus, seperti aplikasi media sosial dan game.

Previous articleBocor! Poco M4 Pro 5G: dengan Pengisian Cepat 33W & Prosesor MediaTek
Next articleInfinix ZERO X Pro, HP Flagship Dengan Kamera 60x Telescope Zoom
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup