Home Berita Bawa Performa Makin Ekstrem, POCO Janjikan RAM Besar di Semua Lini Smartphone-nya

Bawa Performa Makin Ekstrem, POCO Janjikan RAM Besar di Semua Lini Smartphone-nya

review1st.com – POCO berkomitmen buat selalu membawakan performa ekstrem dalam tiap smartphone-nya. Salah satu cara buat mewujudkannya adalah dengan menghadirkan RAM berkapasitas besar, mengingat kapasitas RAM memengaruhi banget performa hape secara keseluruhan. Yap, peran RAM memang sepenting itu.

Hal tersebut diamini oleh Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia. “RAM merupakan salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah hape. Makin besar kapasitas RAM tentunya makin baik.

Sebaliknya, kapasitas RAM yang kecil, bisa menghambat performa meski CPU di hapenya sudah kencang. Makanya POCO selalu berusaha ngasih RAM yang memadai biar performa hapenya paling ekstrem di kelasnya.”

Tapi apa, sih, RAM itu sebenarnya, serta bagaimana cara kerjanya hingga perannya begitu penting bagi sebuah smartphone? Langsung kita kupas tuntas!

Kenalan lebih dekat dengan RAM dan cara kerjanya

Pada dasarnya, RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis memori dengan karakter cepat. Buat memudahkan dalam memahami RAM lebih dalam, ada baiknya kita mengerti cara pemrosesan data di smartphone, khususnya terkait peran RAM di dalamnya.

Begini, ketika hape dinyalakan, aplikasi berikut data-data lain yang belum dijalankan/diakses berada di storage. Ketika aplikasi dijalankan barulah ditempatkan di RAM.

Dari sini terlihat kalau RAM merupakan memori untuk menampung aplikasi maupun data-data lain yang sedang berjalan/diakses. Ketika aplikasi tersebut sudah tidak berjalan, maka akan dihapus dari RAM. Karena itulah RAM juga kerap disebut sebagai memori sementara.

BACA JUGA
Abadikan Momen Spesial di Hari Raya Idul Fitri dengan realme 12 5G

Secara arsitektur, RAM berposisi di antara CPU (atau lebih luasnya, chipset) dan storage untuk ‘menjembatani’ kerja kedua elemen tersebut. Artinya, OS maupun aplikasi dan data-data lain yang akan diproses oleh CPU disiapkan oleh RAM dengan membaca/mengambilnya dari storage.

Dengan begini, CPU cukup membaca/mengakses data yang ada di RAM. Ini lebih cepat sekaligus efisien ketimbang CPU harus membaca/mengambilnya dari storage, yang kecepatan aksesnya jauh di bawah RAM dan isinya masih ‘bercampur’ dengan data yang sedang tidak ingin digunakan.

Jika dianalogikan, RAM adalah kantong di baju atau celana, sementara storage hape adalah ransel. Akan jauh lebih cepat menemukan dan mengambil benda yang kita inginkan dari kantong ketimbang dari ransel, bukan? Simpelnya kira-kira seperti itu.

Pengaruh kapasitas RAM buat hape

Spek dari RAM yang paling sering diperhatikan adalah kapasitasnya. Setelah paham cara kerja dan peran RAM, sudah mulai kebayang pengaruh kapasitas RAM dalam sistem smartphone? Berikut ini beberapa yang paling signifikan.

Mendongkrak performa hape
Mengingat data-data yang bakal diolah sama CPU terletak di RAM, jadinya dengan makin besar kapasitas RAM akan makin banyak pula data yang siap buat diproses.

Sehingga, performa hape makin oke. Sebaliknya kalau RAM kecil, data yang nggak muat ditampung oleh RAM ibarat mesti mengantre dulu sebelum siap diproses. Akibatnya, ketika antrean makin panjang, berisiko bikin hape nge-lag.

Mendukung multitasking
Aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, kan, ditempatkan juga di RAM. Itulah sebabnya mengapa RAM besar sangat mendukung multitasking. Yap, makin besar kapasitas RAM, memungkinkan makin banyak aplikasi yang bisa berjalan secara simultan (berbarengan).

BACA JUGA
Samsung Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G: Inovasi dan Keamanan Terbaik

Mengingat riwayat
Saat sebuah aplikasi dibuka, RAM juga akan ‘mengingat’ riwayat tersebut serta aktivitas kita di dalamnya. Dengan begini, aplikasi jadi lebih cepat dibuka kembali di kemudian waktu, maupun saat menjalankan fungsi-fungsi atau fitur milik aplikasi tersebut yang pernah kita jalankan sebelumnya. Makin besarnya kapasitas RAM, bakal makin banyak pula yang dapat diingatnya.

Main game tambah lancar
Sebuah game membutuhkan RAM yang besar buat menampungnya serta pengoperasiannya, ketika data-data dari game tersebut diolah oleh CPU maupun GPU. Apalagi kalau berupa game 3D, tentu datanya makin besar, sehingga membutuhkan kapasitas RAM makin besar pula agar kita bisa memainkannya dengan lancar jaya.

Itu dia cara kerja dan peran RAM beserta pengaruh kapasitasnya bagi sistem smartphone.

“Mengingat begitu menentukannya peran RAM bagi performa hape, POCO terus mendobrak batasan di industri hape dengan menghadirkan produk yang mengusung RAM berkapasitas besar di semua lininya, termasuk di lini low-end sekalipun.

Sekali lagi tentunya demi memastikan semua hape POCO memiliki performa yang paling ekstrem di kelasnya,” tegas Bung Andi. “Semoga POCO Fans makin aware akan arti penting RAM ketika ingin membeli hape,” tutupnya.