Home Berita Apa itu AAB, Pengganti Format APK di HP Android

Apa itu AAB, Pengganti Format APK di HP Android

Apa itu File AAB, Pengganti Format APK di HP Android

review1st.com – Format aplikasi Android APK atau Application Package File bakal dicabut oleh Google mulai bulan depan digantikan aplikasi AAB atau Android App Bundle di HP Android. Format baru ini wajib digunakan developer yang hendak publikasi di Play Store.

AAB adalah pengganti APK. Sebelum memulai pembahasan, wajib tahu jika nasib aplikasi Android dengan format APK di Play Store tak perlu beralih format. Dikutip dari Thurrott, aplikasi yang sudah terbenam di Play Store tak perlu beralih.

BACA JUGA
Cek BLT UMKM 2021 Tahap 3 Nasabah BRI

Apa itu AAB dan Kelebihannya Dibanding APK Android

Aplikasi AAB adalah format wajib di HP Android yang akan menggantikan APK. Disebutkan jika ini akan diberlakukan oleh Google kepada para developer dan peraturan ini akan berjalan efektif mulai Agustus 2021.

Google menegaskan bahwa aplikasi yang saat ini sudah ada di Play Store tak perlu beralih ke format file AAB. Tapi setelah Agustus, Google Play akan memberlakukan kewajiban memakai format baru.

Intinya, untuk saat ini masih dilonggarkan, tapi ke depan Google Play akan mewajibkan pengembang mempublikasikan aplikasi baru memakai format file AAB yang lebih baru.

AAB Adalah Alternatif APK yang Semakin Populer

Alternatif APK yang Semakin Populer

Google mengamini bahwa sejak aplikasi dengan format AAB semakin populer. Terutama sejak dirilis Mei 2018, kini semakin banyak developer yang memakai format tersebut di aplikasi mereka.

“Sejak kami meluncurkan Android App Bundle pada Mei 2018, kami telah melihat komunitas pengembang kami merangkul standar baru ini untuk mendapatkan manfaat dari rilis yang disederhanakan dan fitur distribusi lanjutan,” ujar Google.

Hebatnya, terhitung sejak dirilis, kini sudah terdapat lebih dari 1 juta aplikasi yang memakai format aplikasi ini. Bahkan aplikasi-aplikasi terkenal seperti Netflix, Twitter sudah memakainya.

“Sekarang ada lebih dari 1 juta aplikasi yang menggunakan AAB dalam produksi, termasuk mayoritas dari 1.000 aplikasi dan game teratas di Google Play seperti Adobe, Duolingo, Gameloft, Netflix, redBus, Riafy, dan Twitter,” ungkap Google.

BACA JUGA
3 Laptop Asus ChromeBook Terbaru 2021 Masuk Indonesia

Keunggulan AAB dari APK

Nah lalu apa sih keunggulan atau kelebihan AAB dari APK. Kenapa kok Google mengganti format file APK menjadi ABB? Ternyata memang ada beberapa kelebihannya.

  • Ukuran aplikasi Android dengan file AAB lebih kecil dari APK. Rata-rata aplikasi AAB 15% lebih kecil ukurannya dari APK, sehingga aplikasinya lebih cepat saat diunduh.
  • Format memerlukan Play App Signing yang lebih aman. Play App Signing adalah layanan pengamanan Google yang didukung oleh infrastruktur terbaik Google.
  • File dengan format AAB dapat memanfaatkan Play Feature Delivery, yang digunakan oleh lebih dari 10% aplikasi AAB teratas. Play Feature Delivery memberi pengembang kemampuan untuk menyesuaikan modul fitur sesuai permintaan.
  • Format ini juga dilengkapi dengan Play Asset Delivery. Layanan ini mampu mengurangi waktu tunggu pengguna. Game yang menggunakan Play Asset Delivery dapat menggunakan penargetan format kompresi.
Previous articleApa itu Jailbreak dan Apa Untung Ruginya?
Next article4 Cara Cek Kuota 3 (Tri) Terbaru September 2021
The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”