13 Wilayah Pertama Menyediakan Jaringan Internet 5G di Indonesia

review1st.com – Setelah akhir tahun lalu pemerintah Indonesia mengumumkan perancangan ketersediaan jaringan super cepat 5G di wilayah Indonesia, memasuki pertengahan tahun ini Kominfo semakin menunjukan keseriusan penyediaan jaringan tersebut dengan keluarnya Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategi Kominfo, yang di dalamnya ada roadmap implementasi 5G secara nasional.

Dalam Permenkominfo tersebut disebutkan jika pemerintah akan memprioritaskan penyediaan internet cepat 4G dan berkualitas di desa yang belum terlayani termasuk lokasi layanan publik. Selain itu, juga mempercepat dan menyiapkan rencana implementasi teknologi 5G nasional.

Kominfo menyebutkan sebagai tahap awal penggelaran infrastruktur dan jaringan 5G, akan dilaksanakan di 13 wilayah atau kota. Wilayah tersebut adalah 6 Ibukota Provinsi di Pulau Jawa, 5 Destinasi Wisata Super Prioritas, Ibu Kota Negara (IKN) dan 1 Industri Manufaktur.

Melalui peraturan menteri tersebut Kominfo menjelaskan jika pemilihan lokasi 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G adalah karena 6 lokasi tersebut dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

13 wilayah yang akan kebagian internet jaringan 5G pertama kali

Untuk lebih lengkapnya berikut adalah daftar 13 wilayah yang akan kebagian internet ngebut dari jaringan 5G pertama kali:

Jakarta

Serang

Bandung

Semarang

Surabaya

Yogyakarta

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Danau Toba, Sumatera Utara

Likupang, Sulawesi Utara

Borobudur, Jawa Tengah

Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur

Kawasan Industri Manufaktur (belum diketahui)

Kominfo menargetkan 11 wilayah dari daftar di atas sudah bisa menikmati jaringan 5G pada tahun 2023. Sementara dua lainnya, yaitu wilayah Ibu Kota Negara (IKN) baru dan kawasan Industri Manufaktur akan ditargetkan kelar pada tahun 2024.

Thariq M

Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup