Harga Nokia 6.2 dan Spek: Sudah Kantongi NFC

#kamisukareview – Setelah jeda agak panjang, HMD Global resmi merilis smartphone kelas menengah terbaru yakni Nokia 6.2. Selain masih membawa Android One sebagai elemen unggulannya, Nokia memboyong konfigurasi triple camera dalam seri kelas menengah ini. 

Sebenarnya seri ini datang bersama dengan Nokia 7.2 yang dipamerkan di ajang IFA 2019. Bahkan tampilan fisik kedua HP Nokia terbaru tersebut hampir mirip lho. Jika melihat sekilas kamu akan sulit membedakan keduanya. Desain dan lokasi kamera terlihat sangat persis. 

Lalu apa sih bedanya Nokia 6.2 dengan Nokia 7.2? Ada dong, tentu saja spesifikasi dan jeroannya. Dari penamaan saja sudah bisa ditebak kalau seri 6.2 ini memiliki segmen di bawah sang kakak, memakai spek lebih rendah dan tentu saja harga Nokia 6.2 lebih murah. 

Spek Nokia 6.2

Jika sang kakak mengandalkan chipset Snapdragon 660, maka HP Nokia terbaru ini hanya memakai Snapdragon 636, chipset yang melalui proses pabrikasi 14 nm. Untuk pengolah grafisnya, chipset ini mengandalkan GPU Adreno 509. 

Buat mendukung ruang penyimpanannya, sang vendor menyediakan opsi 32GB, 64GB dan 128GB. Sementara pilihan RAM yang tersedia adalah 3GB dan 4GB. Untuk ukuran HP Android kelas menengah, spesifikasi ini masih relevan dan siap dipakai mendukung kinerja. Buat penambah memori, tersedia slot microSD yang bisa dipakai bergantian dengan SIM card 2. 

spek Nokia 6.2

Kamera utama Nokia 6.2 berbasis triple camera dengan sensor andalan berkekuatan 16MP. Untuk memperkuat performa, smartphone ini memakai lensa ultrawide 8MP dan lensa kedalaman 5MP (berfungsi untuk mendapat efek bokeh). Sementara kamera selfie handphone ini mengandalkan resolusi 8MP, f/2.0.

Sayangnya, layar sentuh Nokia 6.2 ini hanya memakai panel berteknologi IPS LCD dengan bentang 6,3 inci. Untungnya resolusinya sudah mencapai Full HD+ dan diproteksi dengan lapisan anti gores Gorilla Glass 3 dari Corning. 

Buat baterainya, Nokia 6.2 ini mengandalkan kapasitas 3500 mAh berjenis Li-Po dengan kecepatan charging 10W. Kamu bisa mengisi daya HP Nokia terbaru ini via port USB Type-C. Ini aspek ini memang kualitasnya hanya ‘B‘ saja.

Oh ya, ada satu hal menarik karena Nokia 6.2 ini sudah dibenami dengan NFC dan merupakan produk yang masuk dalam program Android One. Nokia menyematkan OS Android 9 Pie sebagai penggerak utama antarmukanya. Tentu saja prospek update ke Android 10 sangat terbuka lebar. Sensor sidik jari dibenamkan di belakang bodi.

Harga Nokia 6.2

Berapa ya kira-kira harga Nokia 6.2 ini? Di kawasan Eropa, sang vendor memasarkan HP ini dengan banderol sekitar 200 euro atau Rp 3,1 jutaan untuk varian 3/32GB. Dan harga Nokia 6.2 varian 4/64GB dipatok sekitar 250 euro. 

Bagaimana? Tertarik untuk membelinya? Kalau iya, berarti kamu harus berdoa dulu supaya smartphone terbaru ini masuk resmi ke Indonesia. 

Spesifikasi:

  • Layar:  IPS LCD, 6,3 inci, Gorilla Glass 3
  • Resolusi: Full HD+
  • OS: Android 9.0 Pie, Android One
  • Chipset: Snapdragon 636
  • GPU: Adreno 509
  • Kamera utama: Triple 16MP, lensa ultrawide 8MP, depth sensor 5MP 
  • Kamera selfie: 8MP, f/2.0.
  • RAM/ROM: 3/32GB, 4/64GB
  • Memori: MicroSD
  • Fitur: NFC
  • USB: Type-C
  • Baterai: Li Po 3500 mAh, fast charging 10W

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”