#kamisukareview – OPPO resmi merilis HP OPPO Reno3 Pro yang jadi ujung tombak baru di segmen harga menengah atas. Jika melihat tagline yang diumbar sang vendor, jelas kelihatan kalau spesifikasi HP terbaru ini merupakan perangkat yang mengandalkan kemampuan kamera handal. 

Wabah virus Corona di Indonesia tak menyurutkan langkah OPPO. Reno 3 Pro ini sukses mendarat menyusul sang adik Reno3 yang sudah meluncur lebih dulu beberapa pekan lalu. Artinya, dua seri ini akan bahu membahu melawan para rivalnya di segmen menengah atas.

[bacajuga number=5 tag=”hp”]

Quick Review OPPO Reno3 Pro

quick review oppo reno 3 pro

Tak berlama-lama, tentu sudah banyak yang penasaran dengan quick review OPPO Reno3 Pro ini. Sebagai gambaran, sang vendor mengusung tagline Clear In Every Shot yang bisa diartikan sebagai HP kamera yang mampu memotret jernih dalam segala situasi. Kelebihan OPPO Reno3 Pro ini jelas di sektor fotografi. 

Konfigurasi Kamera

OPPO Reno 3 Pro mengusung 64MP Zoom Quadcam yang konfigurasinya: 64MP Ultra-Clear sebagai kamera utama, lensa Telefoto 13MP, lensa Ultra Wide-Angle 8MP, dan lensa Mono 2MP. 

Tentu saja tak hanya mengandalkan hardware yang menjanjikan. OPPO juga menyisipkan software dengan kemampuan memadai. Ya, kamera belakang Reno3 Pro sudah didukung dengan rangkaian teknologi mobile photography terkini.

Teknologi 5x Hybrid Zoom dan 20x Digital Zoom mampu mengoptimalkan pengguna saat membidik objek jarak jauh dengan lensa telefoto. Sementara teknologi Super Macro 3cm memungkinkan pengguna untuk memotret objek dalam jarak dekat dan detail lebih jelas. 

Tak hanya itu, kamera HP OPPO Reno3 Pro juga membawa teknologi Ultra Clear 108MP Image untuk menghasilkan foto berukuran besar dengan resolusi gambar tinggi dan tajam. 

BACA JUGA
ZTE Mobile Device Indonesia Meluncurkan nubia Neo 2 5G: Pengalaman Gaming yang Powerfully Affordable
kamera oppo reno3 pro

Untuk urusan selfie, OPPO mematri 44MP Dual Punch-hole Camera. Buat informasi saja, ini adalah seri dual puch hole dengan resolusi kamera terbesar di dunia.  Kamera selfie Reno 3 Pro terdiri dari 44MP Ultra-Clear Main Camera dan lensa Depth of Field 2MP untuk menghasilkan efek bokeh. 

Buat mendukung kemampuannya, kamera swafoto Reno3 Pro juga dilengkapi dengan fitur Ultra Night Selfie Mode untuk mendapatkan foto selfie berdefinisi tinggi dengan detail tekstur dan ornamen asli wajah seseorang. 

Ultra Night Selfie Mode menjamin pengguna bisa mengambil foto wajah yang jernih dan cerah dalam kondisi cahaya temaran. OPPO juga menambahkan teknologi AI Noise Reduction, Face Protection, dan Highlighting Algorithm untuk mendukung aktivitas swafoto. 

Sementara itu, Ultra Dark Mode pada kamera belakang Reno3 Pro membuat pengambilan foto dalam kondisi gelap menjadi lebih mudah. Mode ini berguna untuk aktivitas fotografi malam hari. Ketika pencahayaan lebih rendah dari sekitar 1 Lux, Ultra Night Mode secara otomatis akan menyala untuk membantu pengguna mengambil adegan yang tidak terlihat secara kasat mata.

Performa Video 

OPPO yang selalu menjadi pelopor dalam bidang Zooming Technology, juga mengaplikasikan Video Zoom pada seri HP OPPO Reno3 Pro. Dikemas bersama dengan Ultra Steady Video 2.0, memberikan hasil rekaman video yang halus dan anti goyang. 

Pemanfaatan Electronic Image Stabilization (EIS) menghasilkan kualitas gambar dengan kecepatan frame tinggi yaitu 1080P 60fps pada Ultra Steady Video Mode dan 1080P 20fps pada Ultra Steady Video Mode Pro. 

Mode Ultra Steady Video 2.0 meningkatkan stabilitas untuk pengambilan video, meminimalkan dampak pada kejernihan, sambil mempertahankan sedikit gerakan untuk menjaga ekspresi visual yang otentik. 

BACA JUGA
Daftar Harga Smartphone POCO Terbaru: Double Date Sale 6.6 Juni 2024

Dengan fitur Video Bokeh, Video Zoom, dan AI Beauty Mode, OPPO Reno3 Pro mendorong imajinasi dan kreativitas pengguna untuk dapat membuat film dengan mudah. Aplikasi Soloop sebagai Smart Video Editor membantu pengguna untuk mengedit hasil rekaman video kesehariannya dan mempublikasikannya ke jejaring sosial. 

Desain dan Layar

OPP Reno3 Pro dirancang dengan konsep dual punch hole. Untuk menjaga kualitasnya, sang vendor membenamkan panel sentuh Super AMOLED dengan bentang layar 6,4 inci resolusi Full HD+. Sektor layar ini punya teknologi in-display fingerprint unlock 3.1 serta mampu tetap terlihat jernih dalam terik mentari.

Desainnya relatif mirip dengan Reno3. Konsep belakangnya mempunyai layout kamera dengan konsep vertikal. Material bodi yang memperkuat smartphone ini cukup bisa diandalkan dan punya kualitas bagus. Dibalut juga dengan Gorilla Glass 5 untuk memperkuat diri. 

Performa & Spek OPPO Reno3 Pro

Guna mendukung performa HP ini, sang vendor sudah membenamkan chipset MediaTek Helio P95. Sang vendor mengklaim jika prosesornya mampu menangani aktivitas multitasking dengan baik. Sebagai catatan, spesifikasi OPPO Reno3 Pro spesial karena baru pertama kali diterapkan di Indonesia. 

“OPPO Reno3 Pro didukung oleh Helio P95 dari MediaTek, Chipset Helio terbaru kami dengan mesin AI Processing yang paling mendukung untuk Smartphone 4G. Hal ini memberikan pengalaman fotografi dengan berbagai fitur kamera AI termasuk portrait photography yang disempurnakan, serta pengenalan wajah dan gerakan tubuh” ujar Sui Yen Pang, MediaTek Senior Country Manager of Indonesia.

Ditegaskan bahwa, dapur pacu ini juga cocok buat Mobile Gamers. Pasalnya, MediaTek Helio P95 sudah memiliki teknologi MediaTek HyperEngine, untuk grafis yang cepat, lancar dan gameplay yang responsif tanpa gangguan. 

BACA JUGA
Performa Ekstrem POCO F6: Mengungkap Tiga Teknologi Terbaru

Buat ruang penyimpanan, OPPO Reno3 Pro juga sudah mengandalkan microSD yang berlokasi di tiga slot kartu independen jadi tak mengganggu SIM card. Seri ini punya RAM 8GB + ROM 128GB. 

Kapasitas Baterai

Untuk memperkokoh sumber daya, OPPO menyembunyikan baterai berkapasitas 4025mAh di dalam tubuhnya. Reno3 Pro juga sudah memiliki fitur 30W VOOC Flash Charge 4.0, solusi untuk mengisi daya baterai hingga 50 persen dalam waktu 20 menit. 

Fitur dan Konektivitas

Tak hanya elemen unggulan, OPPO juga sudah menyematkan beragam fitur dan spesifikasi standar dalam Reno3 Pro. Sejumlah teknologi lain yang menyertai Reno3 Pro diantaranya ColorOS 7, Hyper Game Boost, OSIE (OPPO Screen Image Engine), Hi-Res Audio, dan Dolby Atmos. 

Harga OPPO Reno3 Pro

Seri ini bermain di segmen menengah atas, harga OPPO Reno3 Pro dibanderol dengan angka resmi Rp 8.999.000. Sang vendor menyuguhkan pilihan warna Midnight Black dan Sky White. Menariknya, OPPO memberikan hadiah tambahan berupa OPPO Enco Q1 senilai Rp. 1.599.000 untuk 1000 pembeli pertama. 

harga oppo reno3 pro

Spesifikasi OPPO Reno3 Pro:

Layar 6.4” Dual Hole Punch Screen,  FHD+ Super AMOLED (90.8%)  Gorilla Glass 5 (Samsung E3 OLED hard screen with double blind holes) 
Prosesor Mediatek Helio P95 
Kamera Depan 44MP (F2.45) + 2MP (F2.4) 
Kamera Utama 13MP (F2.4) + 64MP (F1.79) + 2MP (F2.4) + 8MP (F2.2) &  5x Hybrid Zoom 
RAM & ROM 8 GB RAM + 256 GB ROM 
Sistem Kunci Perangkat In-display fingerprint 3.0, face unlock 
Baterai & Pengisian Ulang 4025 mAh 5V6A VOOC 4.0 (30W) 
Sistem Operasi ColorOS 7 based on Android 10 
Warna Midnight Black, Sky White 
Harga Rp. 8.999.000 
Shares: