#kamisukareview – Terkesan hilang ditelan bumi, smartphone Sony ternyata masih eksis. Belum lama ini Sony merilis HP terbaru mereka yang dinamakan Sony Xperia 5. Tapi sayang harga Sony Xperia 5 ini cukup mahal lho jika disandingkan dengan speknya.

Seri keluaran terbaru yang hadir di ajang IFA 2019 hadir dengan desain kompak, disuntik prosesor terkini dan kamera papan atas. HP ini ternyata memiliki banyak kemiripan dengan pendahulunya Xperia 1. Namun ada beberapa perbedaan mencolok yang ditanamkan di handphone ini. Antara lain ukuran layar OLED yang semakin besar mencapai 6,5 inci dengan dukungan resolusi full HD+ dan aspek rasio 21:9.

[bacajuga number=5 tag=”hp”]

Seperti sebagian besar keluarga Xperia, seri 5 ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP68. Menjadikan HP Sony ini sanggup dibawa menyelam dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Keseluruhan panel bodi HP terbaru bertulang aluminium ini sudah dibungkus dengan kaca Gorilla Glass 6.

Spek Sony Xperia 5

sony xperia 5

Sony Xperia 5 punya spesifikasi yang bisa diandalkan. HP terbaru ini sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 855 yang sudah melalui proses pabrikasi 7 nm. Buat yang sudah tahu, chipset ini juga sudah hadir memperkuat Xperia 1.

Sebagai penyokong performanya, Sony membekali smartphone ini dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Vendor ini juga menyediakan slot microSD yang bisa dipakai untuk memperbesar ruang penyimpanan. 

BACA JUGA
Galaxy M15 5G, Si Canggih Dua Jutaan dengan Baterai Jumbo 6000mAh

Kamera Sony Xperia 5 sudah mengikuti tren saat ini. HP Sony terbaru ini menghadirkan konfigurasi triple camera di bodi belakang Xperia 5. Menariknya, semua sensor kameranya memiliki resolusi sama yakni 12 MP dengan tugas berbeda-beda mulai dari lensa utama, ultrawide, dan telephoto. Untuk kamera selfie, Sony menancapkan resolusi 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0.

Sayangnya, kapasitas baterai HP ini justru mengalami penurunan menjadi 3140 mAh. Padahal di Xperia 1, Sony menanamkan baterai sebesar 3330 mAh. Untung saja baterai ini didukung dengan fast charging 18W yang bisa disalurkan via USB Type-C. 

Harga Xperia 5

Harga Sony Xperia 5 ternyata cukup bikin kaget. Pasalnya, Sony tega membanderolnya dengan harga sekitar Rp 12,5 jutaan untuk pasar Eropa. Mudah-mudahan sih nama besarnya masih bisa dipakai bersaing dengan vendor lain. 

Secara, banyak smartphone berkekuatan serupa bahkan lebih powerful tapi jika dibandingkan dengan harga Sony Xperia 5 terpaut jauh, alias lebih murah. Mungkin buat pecinta Sony, HP ini bisa jadi pelipur lara, entah buat pengguna HP umum yang biasanya sangat selektif memilih. 

Spesifikasi:

  • Spesifikasi Singkat Sony Xperia 5
  • Layar: Super OLED 6,1 inci
  • Resolusi: Full HD+, 21:9 rasio
  • OS: Android 9 Pie
  • Chipset: Snapdragon 855
  • GPU: Adreno 640
  • Kamera utama: kamera utama 12MP, lensa ultra wide 12MP, lensa telephoto 12MP 
  • Kamera selfie: 8MP, f/2.0.
  • RAM/ROM: 6/128GB 
  • Memori: MicroSD
  • USB: Type-C
  • Baterai: 3140 mAh, fast charging 18W
BACA JUGA
Samsung Galaxy M15 5G: Paket Gaming Eksklusif untuk Pengalaman Gaming yang Memuaskan
Shares: