Samsung Galaxy A12 & Galaxy A02s: Andalan Terbaru di Harga 2-3 Jutaan

#kamisukareviewSamsung mengumumkan dua HP terbaru miliknya yang ditaksir akan menjadi raja baru pada pasar kelas entry level. Adalah Samsung Galaxy A12 dan Galaxy A02s yang sama-sama hadir dengan layar HD + 6,5 inci.

Ini adalah dua HP Samsung terbaru series terbaru dari Samsung yang akan mulai dijajal pada pasar global di awal 2021 nanti. Meskipun Samsung belum mengumumkan harganya, namun media tekno dan gadget terkemuka di dunia sudah menebaknya.

Sebagian besar pengamat sepakat membocorkan jika smartphone ini akan dibanderol di kisaran harga Rp 3 Jutaan untuk Galaxy A12. Sedangkan harga Samsung Galaxy A02 ditaksir lebih murah, kemungkinan dibanderol Rp 2 Jutaan.

Spesifikasi & Kelebihan Samsung Galaxy A12

Spesifikasi & Kelebihan Samsung Galaxy A12

Samsung Galaxy A12 merupakan penerus Galaxy A11 yang diluncurkan awal tahun ini. Model baru ini dipastikan akan membawa beberapa peningkatan di beberapa bidang.

Layar

Galaxy A12 akan dilengkapi dengan layar TFT berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD. Ada notch berbentuk V di bagian atas layar untuk menampung kamera selfie 8 megapiksel. Sensor sidik jari terpasang di bagian samping perangkat.

Performa

Pada sektor dapur pacu dan mesin penunjang kinerja Samsung Galaxy A12 ditenagai oleh prosesor Octa-core 2.3Ghz + 1.8Ghz dengan RAM 4GB dan pilihan dua varian penyimpanan: 64GB atau 128GB.

Selain itu, tersedia slot kartu memori microSD untuk menambah memori dengan maksimal 1TB.

Kamera

Untuk menunjang kebutuhan fotografi dan perekaman video ponsel ini akan disokong dengan Quad Kamera dengan kamera utamanya memiliki sensor kamera 48 megapiksel.

Serta disokong dengan kamera sudut ultra lebar 5 megapiksel untuk membuat gambar lanskap lebar. Serta lensa makro 2 megapiksel untuk mengambil gambar close-up, dan kamera kedalaman 2 megapiksel buat efek bokeh.

Baterai

Baterai internal 5.000 mAh cukup kuat untuk melewati dua hari penuh tanpa harus menghubungkan perangkat ke pengisi daya untuk sementara waktu. Berkat dukungan fast charging 15 watt, baterainya juga bisa diisi lebih cepat dari sebelumnya.

Casing belakang Samsung Galaxy A12 terbuat dari material plastik dengan sentuhan akhir matte. Bahannya nyaman di pegangan tangan.

Samsung Galaxy A12 akan tersedia dalam tiga warna: hitam, putih dan biru. Model smartphone baru akan mulai dijual pada Januari 2021.

Harga Galaxy A12

Berdasarkan harga resmi Samsung untuk Galaxy A11 dan Galaxy A10, tampaknya Samsung akan membanderol ponsel ini dengan harga tak jauh dari kisaran Rp. 3 juta.

Spesifikasi & Kelebihan Samsung Galaxy A02s

Spesifikasi & Kelebihan Samsung Galaxy A02s

Samsung Galaxy A02s tentunya akan ditempatkan di bawah A12. Sementara Galaxy A02s adalah penerus A01, seri terakhir HP keluaran Samsung dengan banderol termurah saat ini.

Galaxy A02s akan menjadi model termurah berikutnya dari Samsung pada 2021 nanti. Nama Galaxy A02s mungkin terdengar agak rumit.

Namun dengan tambahan “s”, Samsung ingin menunjukkan bahwa itu adalah varian lanjutan dari A02 yang bahkan belum diumumkan secara resmi oleh Samsung, perangkat ini kemungkinan besar akan diluncurkan minggu depan.

Layar

Tampilan Samsung A02s cocok dengan A12. Layar HD + TFT 6,5 ‚ÄĚtelah dipilih. Kamera selfie menawarkan resolusi 5 megapiksel. Selain itu, tersedia tiga kamera di bagian belakang perangkat.

Ini terdiri dari kamera utama 13 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera kedalaman 2 megapiksel.

Performa

Dalam hal kekuatan prosesor, A02s harus berkompromi dengan A12. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Octa-core 1.8Ghz dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Memori flash juga dapat diperluas dengan bantuan kartu memori microSD.

Lebih lanjut, Samsung telah melengkapi Galaxy A02s dengan pemindai sidik jari yang terintegrasi pada tombol power di bagian samping perangkat.

Berkat baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh, baterainya akan bertahan dalam waktu yang relatif lama dan ponsel budget ini juga menawarkan dukungan fast charging 15 watt.

Harga Galaxy A02S

Konsumen dapat membeli Samsung Galaxy A02s mulai Februari 2021 dalam warna hitam dan putih. Ditaksir ponsel ini akan dibanderol dengan harga tak jauh dari kisaran Rp. 2,5 Juta.