OPPO A74, HP 5G Harga Terjangkau Spek Mumpuni?

review1st.com – OPPO, pabrikan smartphone asal Tiongkok sudah memiliki model baru yang siap untuk diluncurkan lagi yaitu OPPO A74. Padahal sebelumnya, sekitar tiga bulan lalu, sang vendor baru saja merilis OPPO A73 5G.

Pada Desember 2020 lalu OPPO A73 5G resmi dirilis secara global dengan banderol harga sebesar €300 (Rp. 5,1 Juta). A73 5G ini merupakan HP 5G yang relatif termurah dan terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni.

Nah kini, OPPO A74 akan dirilis dalam dua varian model jaringan yaitu 4G dan 5G. Dari segi desain ponsel baru Oppo ini sangat mirip dengan OPPO A72, yang diumumkan pada akhir Mei 2020 lalu.

hp oppo a74

Spesifikasi Oppo A74

Baik OPPO A74 versi 5G maupun 4G akan dibekali dengan memori ROM 128GB. Ponsel ini memiliki berat 190 gram dan dimensi 169,2 x 74,7 x 8,4mm atau lebih besar dari pada varian 6,5 inci yang dimiliki pendahulunya OPPO A72 dan A73.

Dilihat dari ukuran perangkat, sepertinya layar 6,8 inci, akan memiliki resolusi Full HD+ seperti yang terdapat pada versi OPPO seri A sebelumnya.

Kamera selfie punch-hole di kiri atas dipertahankan. Kamera belakang triple memiliki desain yang mirip dengan A72. Pada sektor perekaman video dan fotografi utama OPPO A74 akan dipersenjatai dengan kamera AI 48 megapiksel, seperti yang dinyatakan pada modul kamera.

Dengan kata lain, triple camera HP ini akan berisi kamera utama 48 megapiksel, agaknya itu adalah lensa sudut lebar. Sistem kamera juga memiliki AI (Artificial Intelligence), kecerdasan buatan yang dapat membantu meningkatkan kualitas gambar hasil jepretan pada kamera.

Belum diketahui informasi tentang dua kamera A74 lainnya, sepertinya sudut ultra-lebar dan lensa potret/makro. Pendahulunya OPPO A73 memiliki kamera sudut lebar 16MP, sudut ultra-lebar 8MP dan lensa potret 2MP.

OPPO A74 varian 4G akan hadir dengan pilihan warna biru dan hitam, sedangkan pada model 5G akan tersedia varian warna Fluid Black dan Space Silver.

Belum ada informasi konkret mengenai harga dan tanggal peluncurannya. Namun, situs teknologi terkemuka LetsGoDigital membocorkan informasi jika ponsel ini akan diumumkan secara resmi pada bulan April mendatang,dan akan mulai dijual dipasaran global pada bulan Mei 2021.

Model baru ini kemungkinan akan dibanderol dengan harga disarankan serupa dengan pendahulunya. Harga HP OPPO terbaru untuk A73 sendiri yaitu sekitar € 300 (Rp. 5,1 Juta) untuk model 5G dan sekitar € 260 (Rp. 4,5 Juta) untuk varian 4G.

Selain itu, kemungkinan OPPO juga akan mengumumkan model yang lebih murah, sebagai penerus OPPO A52 dan OPPO A53 yang pernah kami review. Model 5G Oppo A54 juga sedang dalam pekerjaan, seperti yang telah dinyatakan di situs penyedia telekomunikasi Jepang AI Kiddi.

Sebelum OPPO A74 5G ini resmi diumumkan, vendor akan terlebih dahulu merilis berbagai seri flaship mereka dalam OPPO Find X3. Mereka akan meluncurkan tiga model sekaligus dalam seri ini yaitu Oppo Find X3 Lite, Find X3 Neo dan model teratas, Oppo Find X3 Pro.

Thariq M

Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup