Vivo Y1s, Smartphone Murah Harga 1 Jutaan Rupiah

review1st.com – Di masa sekarang ini, smartphone menjadi kebutuhan yang harus dimiliki bagi semua orang. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 atau Corona yang mengubah berbagai aktivitas offline bermigrasi menjadi online. Karena itu, kebutuhan akan smartphone pun terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tidak heran, pabrikan-pabrikan smartphone terus berinovasi dalam mengeluarkan produk yang akan diminati oleh para konsumen. Salah satu brand smartphone yang diminati oleh konsumen di Indonesia adalah Vivo.

Hal ini karena Vivo rajin merilis produk smartphone dari berbagai segmen, flagship hingga entry-level. Salah satu produk smartphone entry-level yang dirilis Vivo di tahun 2020 kemarin adalah Vivo Y1s. Perangkat ini merupakan produk dari Vivo yang dihadirkan untuk mengisi segmen smartphone harga murah.

hp vivo y1s

Perlu kamu tahu, merek Vivo sendiri mulai dikenal secara global pada tahun 2012 melalui seri X1 yang menarik perhatian sebagai smartphone pertama di dunia dengan chipset audio Hi-Fi (High-Fidelity), dan mempunyai desain bodi setipis 6.55 mm.

Kemudian di tahun 2013, Vivo memperkenalkan smartphone dengan resolusi layar 2K pertama di dunia, Vivo XPlay3s. Dilengkapi kualitas resolusi 2560 x 1440 pixel berukuran 6 inci, Vivo XPlay3s menjadi smartphone superior di tengah tren layar konvensional dengan resolusi standar 1080p.

Setahun kemudian memasuki pasar Asia Tenggara, Vivo memboyong X5Pro secara resmi sebagai seri perdananya untuk pasar Indonesia. Memiliki keunggulan kamera dan audio premium serta teknologi 2.5D Glass Design yang membuat tampilan layar smartphone Vivo jadi semakin elegan.

Tidak hanya menunjukkan konsistensi untuk terus menghadirkan kejutan dalam perjalanannya di tengah pasar kompetitif, rangkaian teknologi penuh terobosan yang Vivo hadirkan ikut menjadikannya sebagai salah satu brand smartphone pionir pembentuk tren industri global hingga saat ini.

Perlu kamu tahu, Vivo saat ini berhasil menggeser OPPO dan menempati  posisi pertama dalam daftar ‘Top 5 brand smartphone’ di Indonesi. Berdasarkan data IDC, berturut-turut peringkat brand smartphone di Indonesia pada kuartal 3 2020 (Q3 2020; Juli-September 2020).

Brand-brand smartphone di data IDC adalah Vivo (24,1 persen), OPPO (21,7 persen), Xiaomi (18,1 persen), Samsung (17,3 persen), dan Realme (14,5 persen).

Dikenal sebagai brand yang inovatif dan punya harga kompetitif membuat smartphone Vivo semakin diminati oleh konsumen di tanah air saat ini. Apalagi, Vivo terkenal sebagai brand smartphone yang memiliki aneka model untuk pasaran Indonesia, mulai dari yang entry-level hingga high-level.

Salah satu smartphone yang dirilis di tahun 2020 oleh Vivo adalah Vivo Y1s. Smartphone ini menjadi produk terbaru yang diandalkan Vivo di kelas entry-level.

Dilansir dari laman situs Vivo Indonesia, sorotan spesifikasi smartphone Vivo Y1s ialah kapasitas RAM, penyimpanan internal, dan baterai yang besar; layar luas yang cocok untuk bermain game dan aktivitas multimedia serta dukungan software andal berkat Android 10.

Dari tampilan luarnya, smartphone Vivo Y1s dibungkus bodi plastik dengan polesan warna bergradasi. Dimensinya berukuran 135,11 mm x 75,09 mm x 8,28 mm dengan bobot 161 gram. Di bagian muka, terbentang layar 6,22 inci beresolusi HD+ (720 x 1.520 piksel) dengan dengan Halo FullView.

Bicara soal dapur pacu, spesifikasi smartphone Vivo Y1s diotaki chipset MediaTek Helio P35 yang dikawinkan dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Adapun, smartphone ini digerakkan dengan antarmuka FunTouch OS 10.5 berbasis sistem operasi Android 10.

Untuk menangkap swafoto, smartphone Vivo Y1s dibekali kamera depan 5 MP dengan bukaan lensa f/1.8. Sementara di bagian belakang terpasang kamera tunggal 13 MP (f/2.2), lengkap dengan LED flash.

Sedangkan untuk daya tahan, smartphone Vivo Y1s bergantung pada baterai berkapasitas 4.030 mAh yang bisa diisi ulang menggunakan kabel MicroUSB 2.0, namun tanpa dukungan fast charging.

Untuk fitur lainnya, dilansir dari Gizmochina, smartphone Vivo Y1s ini punya slot kartu SIM ganda di jaringan 4G LTE, bluetooth, dan GPS. Sayangnya, smartphone Vivo Y1s ini belum dilengkapi pemindai sidik jari alias fingerprint.

Dikemas dalam pilihan warna Aurora Blue dan Olive Black, harga smartphone Vivo Y1s saat ini dibanderol di kisaran harga 1 jutaan Rupiah.

Kelebihan Vivo Y1s

Nah, sebelum membelinya, coba cek dulu beberapa kelebihan dari smartphone Vivo Y1s di bawah ini ya!

1. Layar HD Berkualitas

Kelebihan pertama dari smartphone Vivo Y1s ini berada di sisi layar. Layar smartphone ini menghadirkan layar 6,22 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Layarnya ini memiliki panel IPS LCD yang cukup menarik dalam menampilkan konten multimedia. Terlebih karena layarnya memiliki kerapatan layar 269 ppi. Layar smartphone Vivo Y1s juga tergolong tidak kesat dan cukup enak disentuh.

Selain itu, smartphone Vivo Y1s ini diketahui mengusung tampilan luas Ultra All Screen Display dengan diagonal panel sebesar 6,22 inci. Layarnya punya rasio layar-ke-bodi sebesar 88,6 persen. Artinya, tampilan luas ini bikin aktivitas menonton video atau bermain game akan lebih maksimal.

Smartphone Vivo Y1s ini juga dibekali fitur untuk menyaring cahaya biru yang berbahaya guna melindungi mata.

2. Desain dan Kualitas Bodi yang Baik

Sebagai smartphone berharga murah, tentu harus ada nilai jual yang menarik yang membuat Vivo Y1s layak dibeli. Dan nilai jual tersebut tersemat di desain smartphone Vivo Y1s ini yang benar-benar bagus. Desainnya berbahan matte plastik yang jarang meninggakan sidik jari. Hal ini tentunya patut diapresiasi.

Dengan banderol harga 1 jutaan Rupiah, smartphone Vivo Y1s ini cenderung menarik. Desainnya oke dan mengingatkan akan desain smartphone Vivo Y91c. Desain plastik dari vivo Y1s tampak tidak terlalu murahan. Desainnya memiliki gradasi warna khas desain ponsel kekinian. Satu hal yang menarik tentunya.

Adapun, smartphone Vivo Y1s ini memang mengusung bodi ramping yang mengutamakan kenyamanan saat digenggam. Smartphone Vivo Y1s ini menggunakan desain 3D yang elegan.

Kendati kapasitas baterai yang diusung cukup besar, smartphone Vivo Y1s tetap ringan dengan berat 161 gram dan ketebalan 8,28 milimeter. Vivo Y1s pun tetap nyaman dan mudah untuk dioperasikan menggunakan satu tangan.

3. Dilengkapi Triple Slot

Kelebihan lainnya di smartphone Vivo Y1s yang patut diperhatikan adalah bagian slot SIM-nya. Slot SIM smartphone Vivo Y1s ada di sisi kanan atas. Ketika slot ini dibuka, smartphone Vivo Y1s menghadirkan konsep triple slot. Hal ini berarti smartphone Vivo Y1s ini dapat digunakan dengan dua kartu SIM plus microSD.

Adapun, kapasitas 32GB di smartphone Vivo Y1s ini bisa diperluas hingga 256GB melalui slot kartu microSD. Pengguna akan menikmati kebebasan untuk menyimpan lebih banyak file macam foto, video, termasuk aplikasi.

Penambahan microSD tentu sangat disarankan mengingat kapasitas smartphone Vivo Y1s ini hanya 32 GB. Dari 32 GB tersebut, smartphone Vivo Y1s menyisakan 65% dari 32 GB. Alias sekitar 21,06 GB. Itu berarti, dibutuhkan 9 GB lebih untuk sistem operasi.

4. Baterai Berkapasitas 4.030 mAh

Baterai di smartphone Vivo Y1s ini sendiri diketahui adalah 4.030 mAh. Baterai smartphone Vivo Y1s ini memiliki manajemen daya pintar yang eksklusif miliki Vivo.

Pabrikan smartphone asal China ini sendiri mengklaim jika pengalaman menonton video dan bermain game di ponsel ini lebih seru dan tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Baterai di smartphone Vivo Y1s ini tergolong cukup besar. Dipakai buat sehari-hari, anak sekolahan, main gim ringan, baterai smartphone Vivo Y1s sudah tergolong cukup untuk seharian.

5. Funtouch OS Berbasis Android 10

Perlu kamu tahu, smartphone Vivo Y1s memiliki versi UI lebih baik dibandingkan smartphone Vivo Y91C. Hal ini karena smartphone Vivo Y1s sudah menawarkan Funtouch 10 berbasis Android 10. Funtouch 10 ini memiliki berbagai fitur yang menarik.

Contohnya adalah fitur efek dinamis yang memberikan animasi layar yang bagus. Selain itu, masih ada beberapa fitur menarik lainnya yang bisa didapatkan mulai dari Split-Screen multitasking, Dark Mode, screenshot tiga jari, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk fitur keamanan, smartphone Vivo Y1s diketahui mengandalkan Face Acces yang dapat membuka kunci perangkat hanya melalui sensor pengenalan wajah secara cepat.

Ada juga fitur Mode Gelap yang bisa diatur secara otomatis atau manual, yang bikin penggunaan smartphone Vivo Y1s lebih nyaman dengan baterai yang lebih tahan lama.

Selain itu, smartphone Vivo Y1s memiliki sensor yang lengkap. Ada sensor cahaya dan ada sensor giroskop. Sensor seperti ini tidak hadir di smartphone Vivo Y91C. Hal ini berarti selain peningkatan UI, sensor di smartphone Vivo Y1s ini juga lebih lengkap dibandingkan saudaranya tersebut.

6. Performa Chipset yang Oke

Sebagai informasi, smartphone Vivo Y1s dibekali chipset Mediatek MT6765 Helio P35. Chipset ini chipset ini jelas lebih baik jika dibandingkan Unisoc SC9863A. Untuk skor Antutu-nya cenderung oke karena mencapai 100 ribuan.

Adapun, chipset yang digunakan di smartphone Vivo Y1s ini juga dirancang untuk mengutamakan hemat daya. Pasalnya, Helio P35 dibangun dengan fabrikasi 12 nm yang umumnya tujuannya untuk efisiensi dan penggunaan aplikasi ringan atau aplikasi sehari-hari.

Smartphone Vivo Y1s ini diketahui dapat menjalankan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis balanced medium dan smooth medium. Cukup mulus sebenarnya meski tidak memiliki frame rate yang tinggi.

7. Kamera Depan dan Belakang yang Lumayan

Adapun, smartphone Vivo Y1s dibekali kamera tunggal 13 MP (f/2.2), lengkap dengan LED flash di bagian belakangnya.

Kamera tunggal yang mempunyai resolusi 13 MP (apertur f/2.2) di smartphone Vivo Y1s ini dapat menghasilkan foto dengan baik. Apalagi, pada aplikasi kamera bawaannya terdapat dukungan fitur AI Beauty, Video, dan Time-lapse.

Untuk kamera depan, smartphone Vivo Y1s dibekali kamera depan 5 MP dengan bukaan lensa f/1.8 yang cocok untuk keperluan swafoto. Terakhir, smartphone Vivo Y1s ini dibekali fitur AI Face Beauty untuk kebutuhan fotografi guna menyempurnakan warna dan tekstur kulit. Fitur ini akan menghasilkan foto yang natural dan cantik alami.

Dengan banderol harga hanya 1 jutaan Rupiah, smartphone Vivo Y1s menawarkan kelebihan dari sisi desain, kelengkapan sensor, layar yang oke, dan juga daya tahan baterai yang baik. Beberapa alasan tersebut tentunya bisa jadi alasan kenapa smartphone Vivo Y1s ini layak untuk kamu beli.