Intip Spesifikasi POCO M3 yang Bakal Masuk Indonesia

review1st.com – Jika POCO X3 NFC hadir dengan slogan “The Real Mid Range Killers”, barangkali POCO M3 akan hadir dengan slogan “The Real Entry Level Killers”. HP yang diperkenalkan di China pada November lalu itu dikabarkan debut di Indonesia pada 21 Januari mendatang.

Acara peluncuran akan dimulai pada 19.30 WIB dan akan disiarkan langsung di YouTube. Melalui akun Twitter resmi POCO Indonesia, vendor secara resmi mengumumkan:

“The New Entry Level Killer bakal hadir! #POCOM3 akan memberikan sesuatu yang berbeda di kelas entry-level dan siap untuk menggebrak pasar! Pastiin lo tonton peluncurannya tgl 21 Januari 2021 pukul 19.30 WIB #EntryLevelKiller”.

Intip POCO M3

Intip POCO M3

Meski belum bisa dipastikan apa saja perbedaannya dengan versi India tapi POCO M3 bakal hadir dengan konsep spesifikasi mumpuni namun dibanderol dengan harga miring.

Disinyalir ponsel ini merupakan ponsel dengan skor Antutu dan spesifikasi serta fitur terbaik di kelas harganya. Ini bagian dari strategi POCO membangun citra produsen ponsel dengan harga murah namun berkualitas diatas rata-rata.

Mungkin itu juga yang menjadi alasan utama popularitasnya akan semakin berkembang di tahun-tahun yang akan datang. Tengok POCO M2, dan 130.000 unit terjual di India hanya dalam beberapa menit saja.

Dan setelahnya perusahaan langsung kembali meluncurkan model generasi berikutnya dalam seri M – POCO M3. Apakah akan terus terjual dengan sangat baik seperti M2?

Masih ada waktu untuk mengetahuinya, tetapi mari kita lihat apa yang ditawarkan POCO M3. Untuk sementara sambil menunggu rilis di Indonesia kita intip dulu versi Indianya.

Isi Kotak POCO M3

Isi Kotak POCO M3

Pertama, mari kita lihat kotaknya. Bagian luar kotak masih hadir dengan desain kuning ikonik POCO. Didalam kotak terdapat pin SIM card, pelindung case dan petunjuk manual dan tentunya unit ponsel POCO M3.

Pada belakang kotak penjualan juga tertera tentang spesifikasi singkat HP ini seperti keterangan: pengaturan tiga kamera dengan kamera utama 48mp, baterai ultra-besar 6000 mAh.

Info seputar dot drop display 6,53 inci, dan chipset Snapdragon 662. Serta pada bagian bawah ponsel terdapat kabel pengisi daya USB A ke C dan pengisi daya cepat 18W.

Desain POCO M3

Sebagai model yang super terjangkau, tidak mengherankan jika ponsel ini memiliki layar waterdrop berukuran 6,53 inci, yang juga berukuran sama dengan yang biasanya kita miliki pada ponsel mainstream.

Ini adalah salah satu dari sedikit ponsel yang hadir dengan layar dot-drop pada tahun 2020, terutama setelah melihat sekumpulan model tampilan berlubang tahun ini.

Meskipun memiliki fitur kecepatan refresh 60Hz standar, kami harus mengatakan bahwa representasi warnanya masih mengesankan pada pandangan pertama. Pengenalan sidik jari ada di samping. Pemancar IR, speaker ganda, dan jack headphone 3,5 mm juga tersedia.

Pada bagian belakang, desainnya jauh lebih mudah dikenali, yang seharusnya menjadi salah satu desain paling unik untuk sebuah ponsel di tahun 2020 ini. Desain ini memang menyegarkan untuk HP dengan banderol Rp. 2 Jutaan.

Penutup dan bingkai terbuat dari plastik. Kami telah melihat banyak ponsel dengan kisaran harga yang sama menggunakan penutup plastik yang serupa. Namun tidak seperti POCO M3, penutup plastiknya bertekstur dengan lapisan kulit yang halus.

Dan desain kreatifnya memang membuat sampulnya terlihat lebih elegan daripada kebanyakan smartphone. Selain itu, desain plastik seperti kulit harus lebih tahan terhadap selip, sidik jari, dan goresan daripada lapisan mengkilap, dengan tetap menjaga biaya tetap terkendali.

Modul Kamera

spesifikasi poco m3 kamera

Modul kamera juga unik. Sepotong besar plastik glossy digunakan untuk estetika. Modul tiga kamera diatur di kiri atas dan logo POCO ada di kanan, yang masih dapat dikenali bahkan di antara kebanyakan model di pasaran.

Dibandingkan dengan bagian depan yang polos, desain bagian belakang M3 jauh lebih mengesankan.Jika dibandingkan dengan Poco M2, modul kamera telah berubah dari pengaturan quad-cam menjadi kombinasi tiga kamera.

Kemungkinan untuk menekan biaya, lensa sudut ultra lebar dikorbankan untuk kualitas lensa primer yang lebih baik. Sebenarnya, dari perspektif praktis, kami terkesan dengan lensa utama 48MP dan kinerjanya sangat baik di sebagian besar kondisi.

Kurangnya kamera sudut lebar bisa menjadi kelemahan dalam kasus skenario terbuka lebar, seperti fotografi lanskap, tetapi faktanya sebagian besar lensa sudut lebar yang dilengkapi pada model murah seperti itu tidak berguna karena kualitasnya yang buruk.

Dua lensa lainnya adalah lensa makro dan lensa bidang potret kedalaman yang dapat membantu pengguna memotret objek dan potret jarak dekat dengan lebih baik.

Prosesor & Baterai

Prosesor POCO M3 menggunakan Snapdragon 662, yang hampir sama dengan kinerja M2 MTK Helio G80, tetapi prosesor Qualcomm akan lebih dioptimalkan untuk kinerja kamera. Jadi seharusnya itu juga alasan kenapa M3 menggunakan chipset 662.

Sementara itu, M3 hadir dengan baterai super besar 6000mAh, yang bila bekerja dengan desain konsumsi daya rendah dari Snapdragon 662, menjamin masa pakai baterai yang sangat lama.

Tidak peduli bagaimana kamu menggunakannya, M3 akan mendukung daya yang cukup untuk penggunaan sehari penuh. Tetapi kamu mungkin perlu sedikit kesabaran untuk mengisi daya, sebab ponsel ini hanya dilengkapi dengan pengisi daya 18W.

Seperti M2, POCO M3 juga sepadan dengan harganya, dan ada beberapa peningkatan yang bagus pada M3 yang menjadikannya pilihan yang menarik, seperti desain belakang dan baterai yang besar.

Mempertimbangkan rekam jejak POCO sebelumnya, kami merasa yang satu ini juga akan terjual dengan baik karena menandai sebagian besar fitur yang Anda inginkan di segmen harganya.

Spesifikasi POCO M3

  • Diumumkan : 24 November 2020
  • Tersedia : Mulai 27 November 2020
  • Dimensi : 162.3 x 77.3 x 9.6 mm (6.39 x 3.04 x 0.38 in)
  • Berat : 198 gr
  • Layar : Type IPS LCD, 400 nits (typ)
  • Ukuran : 6.53 inches, 104.7 cm2 (~83.4% screen-to-body ratio)
  • Resolusi : 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
  • OS : OS Android 10, MIUI 12
  • Chipset : Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU : Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 4GB
  • Internal : 64GB/128GB
  • Kamera : Triple 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
  • 2 MP, f/2.4, (macro)
  • 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Selfie : Single 8 MP, f/2.1, (wide), 1/4.0″, 1.12µm
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth : Bluetooth 5.0, A2DP, LE
  • USB : USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai : Type Li-Po 6000 mAh, non-removable + Fast charging 18W
  • Warna : Cool Blue, Poco Yellow, Power Black