Realme Watch: Smartwatch Keren dengan Harga Terjangkau

review1st.com – Realme memulai debutnya sebagai merek smartphone pada bulan Mei 2018. Selama hampir 3 tahun, Realme berhasil bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Selain memproduksi smartphone, Realme pun mulai merambah ke produk lainnya.

Pada bulan Mei 2020 lalu, Realme diketahui meluncurkan produk smart TV dan jam tangan pintar pertamanya yang disebut Realme TV serta Realme Watch.
Perlu kamu tahu, Realme Watch menyimpan sistem AIoT (Internet of Thing).

Karena itu, masa yang akan datang nanti, Realme Watch akan dapat mengontrol beberapa perangkat AIoT seperti pembersih udara, lampu pintar, dan speaker pintar tanpa memerlukan smartphone.

Realme Watch, Smartwatch Harga Terbaik

Dengan harga Rp. 999.000, Realme Watch hadir dengan layar sentuh berwarna 1,4 “, notifikasi aplikasi dan panggilan, pelacakan aktivitas, tahan debu dan air IP68, dan pemantauan detak jantung 24 jam.

Realme Watch juga dilengkapi SpO2 monitor yang mengukur kadar oksigen darah kamu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini!

Desain

Smartwatch ini memiliki desain yang akan mengingatkan kamu pada Apple Watch. Realme Watch memiliki sentuhan akhir yang mengilap dan di sisi kanannya terdapat tombol fisik multifungsi dengan aksen emas.

Ini menawarkan umpan balik yang layak dan dapat digunakan untuk menghidupkan / mematikan layar, kembali, dan menyalakan / mematikan jam tangan pintar.

Sebagai informasi, Realme Watch memiliki berat hanya 31 gram, membuatnya ideal untuk dikenakan di malam hari untuk pelacakan tidur.

Tali silicon pada Realme Watch yang bisa dilepas juga cukup nyaman dan tahan lama. Gadget ini diketahui punya lebar 20mm dan panjang yang dapat disesuaikan antara 164-208mm.

Adapun, tali ditawarkan pada smartwatch ini tersedia dalam warna hitam, biru, merah dan hijau. Selain itu, Realme Watch memiliki dua jenis desain yakni klasik dan fashion.

Yang klasik hanya tersedia dalam warna hitam dan dibundel dengan Realme Watch. Sedangkan yang fashion hadir dalam empat warna, namun perlu dibeli secara terpisah.

Di bagian belakang, Realme Watch memiliki pin pengisi daya, sensor detak jantung optik PPG, dan sensor SpO2.

Ini diatur di dalam pelat melingkar yang sedikit ditinggikan, sehingga memastikan sensor padanyamelakukan kontak tepat dengan kulit untuk pengukuran akurat dan tidak ada kotoran terkumpul seiring waktu.

Tampilan

Realme Watch mengemas layar sentuh warna 1,4 “dengan resolusi 320×320 piksel. Ia diketahui memiliki kecerahan puncak 380 nits dan dilengkapi dengan perlindungan 2.5D Corning Gorilla Glass 3.

Realme Watch saat ini memiliki total 12 tampilan jam dengan tampilan default yang menampilkan waktu, tanggal, cuaca, langkah, detak jantung, dan kalori yang terbakar.

Level baterai padanya jam ini dapat diperiksa dengan menggesek ke kanan pada homescreen yang juga menghadirkan pintasan cepat untuk DND, Lift Wrist to Wake Screen, Brightness, dan Power Saving Mode.

Perangkat lunak

Seperti produk Realme yang lainnya, ia juga mengandalkan aplikasi Realme Link untuk disiapkan dan dioperasikan. Aplikasi saat ini hanya tersedia untuk pengguna Android dan tidak ada kabar kapan akan datang ke iOS.

UI smartwatch ini diketahui cukup bersih dan sederhana tetapi terkadang lamban. Usap ke bawah pada homescreen Realme Watch memberikan akses ke notifikasi, satu di sebelah kanan menyajikan pengaturan cepat, dan mengusap ke kiri memberikan informasi tentang cuaca, tidur semalam, detak jantung harian serta jumlah langkah harian dan kalori yang terbakar.

Mengusap ke atas pada homescreen Realme Watch menampilkan opsi berbeda yang meliputi Latihan, SpO2, Denyut Jantung, Catatan Aktivitas, Tidur, Musik, Kamera, Temukan Ponsel Saya, Meditasi, Alarm, Stopwatch, Cuaca, dan Pengaturan.

Yang terakhir memungkinkan kamu mengutak-atik Do Not Disturb, Raise to Wake, pemantauan detak jantung, format waktu, kecerahan layar, dan intensitas getaran di antara beberapa lainnya.

Fitur dan Performa

Realme Watch hadir dengan pemantauan detak jantung waktu nyata, pelacakan tidur, penghitung langkah, pengingat minuman, pengingat menetap, mode olahraga dan Pemberitahuan Cerdas, dan fitur-fitur baru termasuk monitor kadar oksigen darah, relaksasi meditasi, serta kamera kontrol.

Realme Watch juga menampilkan ramalan cuaca, kontrol musik, dan pencari telepon, yang diluncurkan untuk Realme Band pada bulan April 2020 kemarin. Ia hadir dengan sensor detak jantung optik PPG yang terletak di bagian belakang seperti Realme Band, tetapi kali ini dipasok oleh Goodix.

Realme Watch hadir dengan sensor SpO2 yang terletak di bagian belakang yang mengukur tingkat oksigen dalam darah kamu. Namun, tidak seperti pemantauan detak jantung, tingkat oksigen darah tidak diukur secara otomatis pada interval yang ditentukan dan kamu harus memulainya secara manual dari Realme Watch.

Semua data ditampilkan di aplikasi Realme Link bersama dengan kisaran tingkat oksigen darah kamu rata-rata, dan berapa kali pengukurannya.

Tetapi perhatikan bahwa data ini hanya boleh digunakan untuk referensi dan Realme menyarankan agar tidak menggunakannya sebagai dasar diagnosis dan pengobatan.

Pindah ke pelacakan tidur, Realme Watch secara otomatis mengukur kualitas tidur kamu dan menyediakan akses cepat ke data di jam tangan pintar ini.

Realme Watch juga menyajikan data dalam bentuk grafik di aplikasi Realme Link dan memberi tahu ketika kamu tertidur dan bangun, dan total jam tidur dipecah menjadi Tidur Pulas, Tidur Ringan, REM, dan Bangun.

Fitur Notifikasi Cerdas bekerja dengan cara yang sama seperti pada Realme pada umumnya, kamu mendapatkan peringatan untuk panggilan masuk, SMS, dan notifikasi dari aplikasi lain yang diinstal pada smartphone yang dipasangkan.

Awalnya, Realme Watch hanya dapat menampilkan satu notifikasi tetapi setelah pembaruan OTA, jam tangan pintar ini menampilkan hingga 10 notifikasi.

Seperti produk smartphone-nya, Realme Watch juga tidak menampilkan notifikasi dengan ikon banyak aplikasi, bahkan yang populer seperti Instagram meskipun disebutkan dalam materi pemasaran perusahaan.

Selain itu, pemberitahuan tidak ditampilkan di layar Realme Watch ketika salah satu dari 14 mode olahraga dihidupkan atau layar kendali musik terbuka, tetapi dengan yang terakhir. Kamu dapat menekan tombol kembali dan memeriksa pemberitahuan dari pusat pemberitahuan.

Menggulirkan notifikasi tidak selalu merupakan pengalaman yang mulus karena jam tangan pintar ini sering mencatat sentuhan yang tidak disengaja dan membuka notifikasi yang mungkin tidak kamu minati.

Berbicara tentang pelacakan olahraga, Realme Watch hadir dengan total 14 mode olahraga yang meliputi Lari Luar Ruang, Lari Dalam Ruangan, Jalan Kaki, Siklus Luar Ruang, Latihan Kekuatan.

Ada juga Sepak Bola, Bola Basket, Yoga, Kriket, Kapasitas Aerobik, Bulutangkis, Siklus Dalam Ruangan, Elips dan Tenis meja. Lima mode olahraga terakhir adalah inovasi baru yang diperkenalkan oleh Realme.

Fitur kesehatan lain di Realme Watch termasuk pengingat menetap dan pengingat minuman. Yang pertama mengingatkan kamu untuk bangun dan bergerak. Sementara itu, yang kedua mengingatkan kamu untuk tetap terhidrasi dengan minum air.

Kamu dapat memilih frekuensi pengingat untuk kedua fitur tersebut, tetapi Realme telah membuat sedikit perubahan pada pengingat minuman. Kamu tidak dapat memilih hari-hari ketika ingin diingatkan untuk minum air, yang dimungkinkan dengan Realme Band.

Terakhir, Realme Watch memiliki Prakiraan Cuaca dan Pencari Telepon yang cukup jelas, serta Kontrol Kamera maupun Kontrol Musik. Ini merupakan inovasi yang pertama memungkinkan kamu menggunakan Realme Watch sebagai tombol rana jarak jauh untuk smartphone.

Sedangkan yang terakhir memungkinkan kamu bermain / jeda musik, ubah trek dan sesuaikan volume. Itu juga bekerja dengan video dari YouTube.

Daya tahan baterai

Realme Watch dilengkapi dengan baterai 160mAh yang menurut perusahaan dapat menawarkan otonomi tujuh hari dengan pemantauan detak jantung dihidupkan, dan sembilan hari tanpa itu.

Dalam pengujian, Realme Watch rata-rata bertahan empat hari dengan kecerahan layar 20%, intensitas getaran disetel ke tertinggi dan lebih dari 100 notifikasi sepanjang hari, yang memang mengonsumsi daya ekstra karena jam tangan pintar bergetar setiap kali kamu mendapat notifikasi.

Ini juga termasuk sekitar 80 menit berjalan kaki dan perhatikan bahwa jarak tempuh kamu akan bervariasi tergantung pada durasi dan jenis latihanmu.

Perlu juga disebutkan bahwa setelah baterai turun di bawah 10%, kamu tidak dapat mengukur detak jantung secara manual. Namun, untuk beberapa alasan, jam tangan pintar ini terus mengukur denyut nadi secara otomatis. Bahkan memungkinkan kamu mengukur tingkat oksigen darah dengan monitor SpO2.

Untuk mengisi baterai, Realme Watch mempunyai pengisi daya melingkar kecil yang menurut perusahaan dapat mengisi sel dari datar hingga 100% dalam waktu sekitar 2,5 jam.

Tetapi tes pengisian daya menunjukkan hasil yang berbeda. Jam tangan pintar ini membutuhkan waktu 2 jam 45 menit untuk beralih dari nol menjadi 100%, 5 jam dan 21 menit dari 3% menjadi 100%, dan 3 jam dan 42 menit dari 4% menjadi 100%.

Kesimpulannya, Realme Watch adalah jam tangan pintar dengan tampilan bagus yang ringan dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti tahan debu dan air IP68, monitor SpO2 untuk pengukuran kadar oksigen darah, dan kontrol musik dan kamera.

Meski begitu, jam tangan pintar ini memiliki beberapa kekurangan. Visibilitas luar ruangan dari tampilannya tidak mengesankan dan pelacakan tidur juga bermasalah saat ini.

Selain itu, fitur Notifikasi Cerdas kurang dari bintang saat ini dan jam tangan pintar ini hanya mendukung perangkat Android.
Jadi, menurut kamu apakah Realme Watch worth it untuk dimiliki?

Realme Watch adalah jam tangan pintar generasi pertama dari Realme. Selain itu, sebagian besar masalah yang dimiliki jam tangan pintar saat ini adalah sesuatu yang dapat diperbaiki Realme dengan pembaruan perangkat lunak.

Pada Januari 2021 lalu, Realme diketahui bersiap untuk meluncurkan Watch 2 dan Watch 2 Pro yang sebelumnya sudah disebutkan dalam aplikasi Realme Link.

Realme Watch 2 diketahui hadir dengan kode model RMW2008 memiliki tombol daya di sisi kanannya dan dilengkapi layar sentuh warna TFT beresolusi 1,4 “320×320 piksel seperti Watch generasi pertama.

Namun tali silikon yang dapat dilepas sekarang hadir dengan slogan” Dare To Leap “dari Realme yang telah kamu lihat di panel belakang beberapa produk smartphone-nya.
Well, semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!