Jajaki Pasar Laptop, Nokia Notebook Kantongi Sertifikasi di India

#kamisukareview – Pada awal tahun 2020 darurat COVID-19 membuat beberapa produsen menjadi lesu dalam meluncurkan produk unggulan mereka. Tapi Nokia dikabarkan malah berspekulasi bakal merilis notebook demi menangkap pasar pengguna laptop.

Sebenarnya, memasuki kuartal ke-2 tahun 2020 produsen teknologi kembali ke jalur perpacuan menguasai pasar dengan berlomba meluncurkan produk unggulan mereka. Terutama memasuki Quartal ke-3 dan menjelang akhir tahun.

Nokia Notebook

Nokia Notebook Sudah Kantongi Sertifikasi di India

Selama bulan November menjadi bulan tersibuk dengan banyaknya produsen raksasa teknologi meluncurkan produk teranyar mereka dengan membawa spesifikasi yang menarik dan mumpuni.

Tak terkecuali HMD Global, perusahaan induk Nokia yang mengumumkan akan mencoba menjajal pasar notebook menjelang akhir tahun ini. Disinyalir Natal dan Tahun baru yang akan memancing putaran belanja besar termasuk laptop.

Nah Q4 bakal menjadi batu loncatan Nokia dalam mengumumkan produk terbaru mereka kepada penggemarnya. Nokia sebelumnya sempat dikabarkan akan meluncurkan smartphone 5G pada pertengahan tahun 2020.

Seri yang mereka namai dengan Nokia 9.3 PureView serta dibekali dapur pacu Snapdragon 865 tampaknya masih akan mengalami penundaan. Tapi Nokia sepertinya akan menjadikan 9.3 PureView sebagai HP andalan di 2021.

Diam-diam, di dalam penundaan project Nokia Pure View tersebut ternyata mereka sedang serius dalam mengerjakan peluncuran segmen notebook atau laptop.

Laman Gizchina melaporkan, Nokia berencana menghadirkan seri laptop atau notebook baru. Seri baru ini muncul di sertifikasi Bureau of Indian Standards (BIS). Sertifikat BIS sendiri sebenarnya mencantumkan banyak nomor model:

  • NKi510UL85S
  • NKi510UL82S
  • NKi510UL810S
  • NKi510UL165S
  • NKi510UL1610S
  • NKi310UL82S
  • NKi310UL85S
  • NKi310UL42S
  • NKi310UL41S.

Pihak Nokia secara resmi memang belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kebocoran pemberitaan notebook atau laptop ini. Namun tentu saja sangat menarik untuk ditunggu bagaimana fitur dan spesifikasi unggulan dari Notebook baru Nokia ini.

Selama ini Nokia kita kenal merupakan salah satu produsen tekno besar yang senantiasa menjaga kebesaran namanya. Kini dengan Nokia notebook tentu saja peluang masih tetap terbuka untuk berkompetisi.

Rumor lain juga mengatakan jika HMD Global akan memperluas portofolio produk Nokia-nya ini, Sayangnya hingga saat ini belum banyak informasi yang diketahui tentang perangkat baru ini. Hal itu sepertinya baru permulaan jalan bagi HMD Global dan Nokia.

Sebelumnya perusahaan Nokia juga sudah berhasil dengan produk TV pintar dan audio terbaru mereka pada tahun ini. Jadi sebenarnya Nokia merambah segmen laptop dan notebook bukan kejutan besar.

Sebuah upaya menarik jika dilihat dari pergerakan mereka dalam upaya merambah segmen pasar lain selain HP. Walau sejauh ini, tidak banyak perangkat yang dirilis HMD Global dan Nokia di 2020.

Thariq M

Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup