Kelebihan HP Vivo dan Fakta Menarik di Belakangnya

#kamisukareview – Diakui atau tidak, salah satu merek yang banyak diperhitungkan di Indonesia akhir-akhir ini adalah Vivo. Ada beberapa alasan dan kelebihan HP Vivo yang membuatnya bisa menjadi salah satu favorit di Indonesia.

Kalau Anda mengikuti perkembangan smartphone di Indonesia, kemungkinan besar pasti menyadari kalau beragam produk smartphone asal Cina atau Tiongkok mulai merajai masing-masing kelas.

Kelebihan HP Vivo dan Fakta Penting

Banyak masyarakat lebih memilih produk asal Cina karena harganya yang memang terbilang ekonomis. Ini juga yang jadi salah satu keunggulan Vivo. Harga murah itu bukan berarti kualitasnya murahan karena spesifikasi unggul masihlah dipertahankan.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini, ya.

1. Harga Kompetitif Sesuai Fitur

Alasan pertama dan paling utama yang tidak boleh diabaikan adalah harga, ya. Sudah bukan rahasia kalau harga adalah faktor paling penting dari suatu merek bisa menduduki pasar teratas di Indonesia.

Hal itu disebabkan oleh masyarakat Indonesia yang memang sebagian besar masih ke dalam masyarakat menengah ke bawah.

Di awal peluncurannya, Vivo memang masih termasuk produk yang belum tersentuh karena produknya saat itu dibanderol dengan harga tinggi.

Akan tetapi, dengan bekal beberapa tahun masuk pasar di Indonesia, Vivo mulai mengubah strateginya untuk menciptakan produk dengan harga serendah mungkin.

Bahkan, dibandingkan dengan harga sekelasnya, biasanya kapasitas teknologi di dalamnya sebenarnya masuk ke dalam kelas di atasnya. Ini salah satu kelebihan HP Vivo.

2. Konsisten Merilis Teknologi Baru

Di era yang serba canggih ini, perusahaan yang bergerak di bidang IT sangat ditekankan untuk bisa membuat sebuah inovasi. Perusahaan tidak mengeluarkan teknologi baru memiliki risiko besar untuk tergilas dengan merek lain.

Nah, Vivo adalah produk yang banyak diunggulkan karena beragam teknologi barunya ini. Contoh saja, ada teknologi kamera tersembunyi yang disebut dengan elevating camera atau pop up camera.

Sebelumnya, belum ada produk yang memiliki inovasi pop up camera dan Vivo mengenalkannya pada produk Vivo V15 untuk pertama kalinya. Hal itu membuat banyak orang mulai melihat dan mengawasi setiap produk baru Vivo.

Selain itu, ada juga teknologi under display fingerprint atau UDF. Mungkin, Anda mengira kalau teknologi ini dikenalkan oleh produsen ternama lainnya, ya. Nah di sini ada kelebihan HP Vivo.

Ternyata, Vivo lho yang pertama kali mengenalkan teknologi ini melalui produk Vivo V11 Pro-nya. Ada juga fitur dual display yang disematkan pada Vivo Nex. Meskipun tidak dipasarkan di Indonesia, Vivo Nex ini dipasarkan di pasar internasional.

3. Memperhatikan Kualitas Kamera Depan dan Belakang

Kamera adalah hal paling utama yang selalu diunggulkan oleh Vivo. Tidak heran jika kemudian Vivo sangat terkenal di kalangan kawula muda yang memang sangat menyukai fitur kamera.

Bahkan, di awal kemunculannya Vivo memiliki slogan Perfect Selfie, lho! Dari slogan tersebut sebenarnya dapat dilihat kalau Vivo benar-benar mengedepankan kualitas kameranya.

Meskipun demikian, slogan tersebut sudah diganti di awal 2020 ini menjadi Empower the Next. Hal itu menguatkan kalau Vivo mulai berani untuk menjadi yang terdepan dalam hal inovasi.

Meskipun slogan sudah diganti, bukan berarti kualitas kameranya juga menurun. Dibandingkan dengan smartphone dengan harga sekelasnya, kelebihan HP Vivo memang memiliki kapasitas kamera di atasnya meskipun selisihnya sedikit.

Bahkan, kamera belakangnya pun mulai di-upgrade. Anda bisa lihat pada kemampuan kamera ganda dari Vivo V11 Pro yang mengusung dual pixel dan kemampuan merekam video hingga 2160p yang umumnya hanya dilakukan kamera DSLR.

4. Serius di Kemasan dan Desain

Vivo dari awalnya memang menyasar produknya pada kawula muda. Kaum muda mudi adalah salah satu pasar terbaik dari smartphone karena jumlahnya sangat banyak.

Meskipun demikian, untuk menuruti keinginan dari kaum muda mudi itu tidak mudah karena tren mereka yang cepat sekali berganti.

Nah, Vivo berhasil mengikuti keinginan kawula muda itu di bagian kemasan atau desainnya. Bisa dibilang desain dari Vivo tidak pernah monoton.

Dari segi desain HP ini, kelebihan Vivo mencoba menjadi pelopor terutama di bagian desain bagian belakang dengan lebih dari satu warna.

Dulu, desain smartphone mungkin hanya satu warna, baik itu hitam, putih, biru, hijau, atau warna lainnya. Nah, Vivo berhasil mendobrak itu dengan menghadirkan smarthone dengan desain menarik karena mengombinasikan beberapa warna.

Beberapa produk dengan desain paling menarik dari Vivo ini di antaranya Vivo Y95, Vivo V11 Pro, dan Vivo V9.

5. Teknologi Dual Engine Fast Charging

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, Vivo adalah salah satu smartphone yang tidak lelah berinovasi. Salah satu inovasinya adalah di bagian baterai.

Baterai adalah salah satu hal yang cukup diperhatikan oleh pengguna smartphone karena tanpa baterai yang besar, smartphone akan sangat mudah habis dan perlu diisi ulang. Ketika mengisi ulang tersebut, biasanya Anda disarankan untuk tidak mengoperasikannya.

Padahal, tidak sedikit orang di masa sekarang yang rasanya tidak bisa berpisah dari smartphone-nya. Untuk itulah Vivo menghasilkan teknologi pengecasan cepat yang dinamakan dengan dual engine fast charging.

Teknologi yang satu ini bisa membuat baterai smartphone yang Anda miliki terisi beberapa kali lebih cepat dibandingkan dengan pengisian normal.

Hal itu disebabkan oleh ditanamkannya dua chip pengisian daya di dalamnya. Teknologi ini ditanamkan pertama kali di Vivo V11 Pro yang kemudian di produk-produk berikutnya juga semakin ditingkatkan.

6. Strategi Branding Jadi Kelebihan HP Vivo

Pasar smartphone di Indonesia ini sudah layaknya hutan rimba. Butuh usaha ekstra keras untuk bisa dikenal dan diunggulkan oleh masyarakat banyak. Strategi masing-masing brand berbeda-beda.

Akan tetapi, kelebihan HP Vivo, ia termasuk brand yang berhasil bermain cantik. Meskipun Vivo juga mengiklankan produknya dengan cukup masif, artis-artis besar yang digaetnya memiliki efek yang lebih kepada brand.

Vivo bermain cantik karena menggaet artis ternama dengan fans besar seperti Agnez Monica, Afghan, dan Maudy Ayunda. Beberapa artis yang digandeng Vivo memang memiliki imej yang kuat dan positif.

Tidak heran jika kemudian masyarakat luas mulai mengenal brand-nya. Artis-artis yang digandengnya itu pun dimanfaatkan dengan maksimal oleh Vivo dengan memasang iklan di beragam reklame jalan hingga di TV nasional.

7. Varian Melimpah

Apakah Anda termasuk orang yang mempertimbangkan banyak hal ketika membeli sebuah perangkat elektronik, khususnya smartphone? Kalau iya, memilih salah satu smartphone dari Vivo bisa menjadi alternatif pilihan utama.

Pertimbangan membeli smartphone ini sebenarnya cukup banyak, mulai dari harga, kamera, kebutuhan untuk game, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi. Nah, Vivo menghadirkan beragam pilihan yang rasanya bisa Anda pilih salah satunya.

Kelebihan HP Vivo memiliki beberapa seri. Beberapa yang paling terkenal di antaranya adalah seri V, seri Y, dan seri Z. Masing-masing serinya tersebut memiliki pasar masing-masing.

Selain beberapa seri yang terkenal itu, seri lainnya yang tidak kalah mumpuni adalah seri Z, Nex, dan masih banyak lagi yang bahkan beberapa di antaranya tidak dijual di Indonesia.

Di antara serinya itu, varian V dan Y adalah varian yang paling awal ada di Indonesia. Varian V lebih ditujukan untuk pekerja kantoran, sedangkan varian Y lebih ditujukan untuk penggunaan biasa dan kebutuhan harian. HP Vivo keluaran terbaru pun terus bertambah.

8. Fokus Audio dan Musik

Kegemaran anak muda sangat banyak jumlahnya. Salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari anak muda adalah musik.

Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan kaum milenial. Bahkan, tidak jarang seseorang sulit beraktivitas tanpa mendengarkan sesuatu.

Karena kelebihan HP Vivo termasuk Brand yang ditujukan untuk anak muda, produk Vivo dibekali dengan pengalaman bermusiknya sendiri.

Di antara banyak tag-line Vivo, musik termasuk di dalamnya. Lewat tag-line itu, Vivo menyematkan hardware khusus yang masih bertalian dan mendukung pengalaman bermusik Anda.

Hardware tersebut dinamakan dengan teknologi hi-fi. Teknologi yang disematkan pada seri Vivo ini ditujukan agar Anda bisa lebih detail mendengarkan lagi favorit Anda melalui smartphone.

Penggemar musik pastinya tidak akan sepi dan bosan mendengarkan music melalui smartphone Vivo ini, ya.

Beberapa Fakta Unik Vivo

Sudah dijabarkan sebelumnya, Vivo termasuk merek smartphone yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, beberapa tahun di awal penjualannya, penjualan Vivo bisa dibilang sangat lesu.

Sebelum berjaya sebelum di akhir-akhir ini, Anda perlu tahu beberapa fakta unik mengenai produk Vivo di Indonesia.

Penjualan Awal Terancam Gulung Tikar

Pasar smartphone di Indonesia bisa dibilang sangat ganas terutama untuk merek baru. Nah, Vivo ini awalnya bahkan sempat dikira sebagai produk power bank.

Sebagai produk yang terhitung baru, strategi Vivo di kala itu kurang tepat. Vivo termasuk membanderol produknya dengan harga cukup tinggi sehingga orang Indonesia terutama masyarakat menengah ke bawah kurang mengenalnya.

Padahal, masyarakat menengah ke bawah adalah pasar terbesar dari setiap produk yang ditawarkan di Indonesia. Selama sekitar dua tahun saat itu Vivo belum mengalami peningkatan penjualan hingga gulung tikar.

Beruntunglah setelah itu mereka mengubah strateginya hingga berhasil menjadi salah satu jajaran teratas hingga kini.

Masuk 5 Besar Vendor Internasional

Kemampuan Vivo untuk beradaptasi ini tidak hanya memberikan hasil yang baik untuk pasar di Indonesia. Bahkan, pasar dunia juga mengakui kualitasnya.

Meskipun Vivo baru berdiri di tahun 2009, kemampuan adaptasinya berhasil membawa Vivo menjadi salah satu brand yang masuk ke lima besar pasar dunia. Kiprahnya untuk memasuki pangsa pasar dunia memang tidak mudah.

Di Cina, Vivo ternyata baru mulai diakui di tahun 2012, lho! Semenjak itu, Vivo mulai berani melebarkan sayap hingga ke pasar global di Asia Tenggara serta India. Ketika tahun 2014.

Kiprah Vivo untuk bisa beradaptasi dan mengusung inovasi baru mulai mengusik vendor kelas dunia pada tahun 2015. Di tahun itu, Vivo berhasil masuk ke 10 besar brand dunia! Strategi Vivo yang menyasar anak muda rasanya berhasil membuatnya mencapai itu semua.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Vivo termasuk merek yang bisa Anda rekomendasikan baik untuk diri sendiri, teman sekitar maupun keluarga.

Sebagai produk yang tidak lelah beradaptasi dan berinovasi, Vivo kini memang berhasil menjadi produk kelas dunia. Jadi, meskipun termasuk produk asal Cina, kualitas dan kelebihan HP Vivo ini bahkan sudah diakui di kelas dunia, lho!

(ADV)