Aktivitas Bermain Game Memuaskan Dengan Keyboard Gaming Mumpuni

review1st.com – Bagi seorang pemain PC game, keberadaan keyboard gaming tentunya sangatlah penting. Berbeda dari keyboard biasa, keyboard gaming memang dirancang khusus untuk aktivitas bermain game.

Penggunaan keyboard biasa untuk kebutuhan gaming sangatlah tidak ideal. Respons keyboard yang lambat dan kendala teknis lainnya dapat mengganggu keasyikan bermain game.

Sebaliknya, bermain game dengan keyboard yang tepat dapat menunjang permainan Anda. Sehingga, Anda dapat memenangkan game apapun dengan mudah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih keyboard gaming.

Mengenali Tipe Keyboard yang Tepat untuk Anda

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui saat akan membeli keyboard gaming adalah menentukan tipe yang diinginkan. Keyboard gaming terbagi atas 3 jenis, masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan fitur.

Yang pertama dan paling umum digunakan dalam dunia pc gaming adalah keyboard model mechanic switch. Keyboard jenis ini memiliki daya pegas tuts yang sangat baik.

Keunggulan lainnya dari model keyboard ini adalah tingkat sensitivitas dengan akurasi yang sangat tinggi. Sehingga, Anda dapat bermain game dengan nyaman.

Ciri khas lainnya dari keyboard gaming model mekanik ini adalah umumnya jenis keyboard ini memiliki lampu backlight yang memudahkan Anda dalam bermain game walaupun dalam kondisi ruangan gelap sekalipun.

Namun, keyboard model ini memang menimbulkan suara yang lebih berisik dibandingkan model keyboard membrane dan scissors switch.

Pilih Berdasarkan Polling Rate

Aspek lainnya yang wajib diperhatikan saat memilih keyboard gaming adalah polling rate. Polling rate adalah frekuensi jumlah sinyal dari keyboard yang dikirimkan pada CPU komputer dalam hitungan waktu 1 detik.

Umumnya, jenis keyboard standar memiliki tingkat polling rate sekitar 125 Hz. Untuk aktivitas komputasi yang lebih intens, dalam hal ini kegiatan gaming, Anda membutuhkan keyboard dengan tingkatan polling rate yang lebih tinggi.

Sebuah keyboard gaming paling tidak harus memiliki polling rate mulai dari 500 – 1000 Hz. Tentunya, semakin tinggi angka polling rate tersebut, maka akan semakin baik dan cepat pula performa dari keyboard tersebut.

Pilih Keyboard Gaming dengan Merek Populer

Dalam memilih keyboard untuk gaming, Anda akan dimanjakan dengan ratusan merek yang tersedia. Sebaiknya, pilihlah keyboard gaming dari merek-merek yang sudah terkenal.

Beberapa contoh merek yang sudah teruji dalam hal keyboard gaming antara lain Logitech, Corsair, dan Razer. Merek-merek tersebut meluncurkan berbagai macam seri keyboard gaming dengan spesifikasi yang bermacam-macam.

Tentunya, Anda perlu menyesuaikan keyboard yang ingin dibeli dengan kebutuhan dan kondisi budget.

Pilih Keyboard dengan Layout yang Sesuai

Hampir semua keyboard memiliki layout yang menampung tuts mulai dari 88 – 101 buah. Sedangkan, gaming keyboard biasanya memiliki jumlah tuts yang sedikit lebih banyak.

Tuts-tuts tambahan tersebut digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengakses berbagai shortcut saat bermain game. Beberapa keyboard juga memiliki tuts ekstra untuk aktivitas navigasi di dalam game yang lebih kompleks.

Di sinilah Anda perlu menentukan model layout keyboard yang diinginkan. Semakin banyak tuts keyboard yang terpasang, semakin lengkap pula fitur di dalam game yang bisa Anda akses.

Namun, bernavigasi dengan keyboard gaming jenis ini tentunya lebih rumit. Jika Anda gamer pemula, ada baiknya untuk memilih model gaming keyboard yang sederhana dengan layout tuts yang tidak terlalu banyak.

Memperhatikan Tampilan Keyboard

Backlight RGB adalah salah satu ciri khas dari keyboard untuk gaming. Adanya lampu latar yang berwarna-warni membuat keyboard gaming memang terlihat sangat menarik.

Namun, benarkah Anda membutuhkan fitur lampu ini? Adanya fitur backlight yang berwarna-warni sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi saja.

Lampu backlight tersebut memiliki fungsi untuk membantu Anda saat bermain game dalam kondisi lampu mati. Hal ini tentunya sangat berguna jika Anda kerap bermain game hingga tengah malam.

Namun, jika Anda tipe gamer yang santai, keberadaan backlight pada keyboard gaming nampaknya tidak terlalu penting.

Pilih Desain Keyboard Ergonomis untuk Menjamin Kenyamanan

Bagi Anda yang betah bermain game selama berjam-jam lebih rawan terkena nyeri sendi di bagian pergelangan tangan dan jari. Hal ini sering terjadi jika posisi Anda saat mengetik atau bermain game kurang tepat.

Posisi tersebut dapat mengakibatkan sendi pada pergelangan tangan dan jari-jari Anda menjadi sakit. Hal itu tentunya sangatlah mengganggu kenyamanan. Untungnya, Anda dapat mencegahnya dengan memilih model gaming keyboard dengan desain yang ergonomis.

Sesuaikan dengan Kondisi Budget

Hal terakhir yang harus Anda pertimbangkan saat memilih keyboard gaming adalah ketersediaan budget. Sangatlah wajar jika Anda menginginkan model keyboard gaming yang canggih dengan penampilan lampu backlight yang keren.

Namun, jangan sampai Anda membeli keyboard dengan harga melampaui budget yang tersedia. Apalagi, jika Anda masih perlu untuk membeli sejumlah perangkat lain untuk menunjang aktivitas bermain game.

Sebenarnya, Anda tidak harus mempersiapkan budget hingga jutaan rupiah. Apalagi, jika spesifikasi yang Anda butuhkan tidak terlalu rumit. Rata-rata, budget yang perlu Anda sediakan untuk satu unit keyboard gaming standar berkisar mulai dari 50 ribu hingga 1 juta rupiah.

Jika Anda butuh keyboard gaming dengan spesifikasi fitur yang lebih canggih, maka budget yang perlu dipersiapkan sudah pasti harus lebih besar.

Keyboard Gaming Anda Macet? Lakukan Ini

Salah satu hal yang pasti membuat Anda jengkel saat tengah bermain game adalah ketika keyboard gaming macet. Hal ini tentunya sangatlah mengganggu performa gaming Anda.

Keyboard gaming macet bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Pastikan Perangkat Keyboard Sudah Terpasang dengan Tepat

Salah satu penyebab keyboard gaming yang macet bisa disebabkan akibat proses instalasi yang kurang benar. Untuk menggunakan keyboard ini, Anda harus memastikan bahwa proses pemasangan dan instalasi keyboard sudah tepat.

Kebanyakan produk gaming keyboard bisa dipasangkan pada perangkat laptop atau komputer desktop lewat konektivitas kabel USB. Pastikan colokan kabel USB pada perangkat laptop atau komputer Anda tidak lecet atau longgar.

Saat memasang keyboard ini, Anda juga perlu berhati-hati. Hindarkan kabel USB keyboard dari benturan yang keras. Karena, hal tersebut dapat mengganggu aliran listrik dari piranti komputer ke keyboard.

Beberapa model keyboard gaming membutuhkan software khusus untuk membantu sinkronisasi antara perangkat. Ini berlaku bagi Anda yang menggunakan model keyboard gaming wireless.

Pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstalasi aplikasi sinkronisasi dengan benar pada perangkat laptop atau komputer. Setelah itu, pasangkan perangkat keyboard gaming wireless pada perangkat melalui software tersebut.

Anda juga perlu memastikan bahwa keyboard yang akan dibeli kompatibel dengan perangkat komputer yang dimiliki.

2. Pastikan Keyboard Terdeteksi oleh Komputer

Penyebab lainnya dari keyboard gaming yang macet adalah karena keyboard tersebut tidak terdeteksi oleh perangkat laptop. Hal ini bisa saja terjadi pada beberapa jenis model keyboard.

Walaupun, bukan berarti keyboard yang Anda beli rusak atau merupakan produk gagal. Beberapa model komputer memang tidak langsung mengirimkan notifikasi bahwa ia mendeteksi perangkat keyboard yang Anda pasang.

Untuk mengatasinya, pilih ikon My Computer pada desktop. Jika Anda tidak dapat menemukannya, fitur tersebut dapat diakses dengan menekan tombol Start > My Computer.

Bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop dengan OS Windows terbaru dapat mengakses fitur “Control Panel”. Pilih menu “Hardware and Sound”.

Anda akan menemukan panel khusus yang menunjukkan deretan hardware yang terhubung dengan komputer atau laptop. Klik sebanyak dua kali pada nama keyboard gaming milik Anda.

3. Install Ulang Driver

Driver yang error juga bisa menjadi penyebab keyboard gaming Anda menjadi macet dan tidak terdeteksi. Beberapa model keyboard memang memerlukan instalasi driver khusus agar dapat tersinkronisasi dengan perangkat laptop atau komputer Anda.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan instalasi ulang untuk driver tersebut. Ikuti langkah-langkah instalasi yang tertera pada buku manual driver.

Biasanya, Anda akan mendapatkan software driver beserta tutorial instalasi saat membeli keyboard gaming tersebut. Setelah memastikan keyboard sudah terinstalasi dengan baik, cobalah kembali untuk menyambungkan perangkat keyboard pada komputer atau laptop.

4. Memindahkan USB Keyboard ke Colokan USB Lainnya

Apabila langkah menginstall ulang driver ternyata masih belum dapat mengatasi keyboard yang macet, ada cara lain yang bisa Anda coba.

Cobalah untuk memindahkan kabel USB keyboard ke colokan USB lainnya yang ada pada perangkat laptop atau komputer PC Anda.

Bisa jadi, arus listrik yang diterima oleh keyboard tersebut masih belum maksimal. Sehingga, mengakibatkan keyboard tidak dapat berfungsi secara maksimal. Ini bisa saja terjadi jika Anda menggunakan model keyboard yang dipasangi lampu backlight.

Adanya lampu tersebut membuat keyboard membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Cobalah untuk memasangkan kabel USB keyboard tersebut pada port yang tersedia.

Jika Anda ingin menghindari kerepotan ini, membeli perangkat gaming keyboard tanpa fitur lampu baclight RGB bisa dijadikan sebagai cara terbaik.

5. Reset Ulang Sistem BIOS Komputer

Keyboard gaming yang mendadak macet dan tidak responsif juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada perangkat komputer Anda. Ini bisa saja terjadi pada sistem BIOS di dalam komputer.

Untungnya, cara untuk mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Pertama-tama restart komputer Anda. Setelah komputer kembali menyala, tekan tombol F2 atau tombol “Delete” selama beberapa lama untuk masuk ke dalam menu “BIOS”.

Dari situ, pilih menu “Advanced” dan klik “USB Legacy Support”. Cek status dari fitur tersebut. Pastikan fitur itu sudah dalam mode “Enable”.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mereset ulang sistem BIOS ke sistem default. Setelah itu, lakukan restart pada perangkat komputer sekali lagi untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

6. Tutup dan Buka Ulang Aplikasi Game

Ada kalanya, masalah muncul bukan karena keyboard yang tidak compatible atau sistem komputer yang bermasalah. Keyboard gaming yang mengalami error dan macet juga bisa disebabkan adanya glitch atau gangguan pada aplikasi game yang Anda mainkan.

Untuk mengeceknya, Anda dapat membuka aplikasi Notepad atau Microsoft Words dan coba untuk mengetik kombinasi huruf atau menekan tombol perintah lewat keyboard.

Apabila tidak ada masalah saat membuka kedua aplikasi tersebut, maka bisa dipastikan aplikasi game Andalah yang bermasalah.

Cobalah untuk menutup aplikasi game dan membukanya kembali. Hal ini biasanya sudah cukup untuk membantu mengeliminasi masalah yang tengah Anda hadapi.

Demikianlah ulasan seputar keyboard gaming yang sangat menarik untuk Anda ketahui. Tentu saja, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara berolahraga di sela-sela aktivitas bermain game Anda.

Dengan demikian, Anda pun dapat bermain game sepuasnya dengan perangkat keyboard dan komputer yang tangguh. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.