Aplikasi Sleep Tracking Terbaik Buat Android & iPhone

#kamisukareview – Tahukah Anda jika ada beberapa aplikasi Sleep Tracking di PlayStore dan AppStore IOS yang dapat membantumu memanajemen jadwal istirahat tidur yang sehat dan teratur? Aplikasi Android atau iPhone tersebut mampu melacak pola tidur kamu dan melakukan beberapa hal.

Intinya, aplikasi Sleep Tracking bisa memberi kamu asisten pribadi untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Memandu kamu menuju pengalaman bangun yang mulus di pagi hari dan bahkan mengajari kamu satu atau dua hal tentang bagaimana meningkatkan kualitas tidur.

Aplikasi Sleep Tracking Terbaik Android & iPhone

Kami menguji beberapa aplikasi pelacakan tidur populer dan memilih sendiri yang terbaik yang tersedia di PlayStore atau AppStore IOS. Aplikasi ini akan membantu kamu mengidentifikasi tren pola tidur yang sehat dan teratur.

1. Sleep Cycle

aplikasi sleep tracking terbaik sleep cycle

Sleep Cycle adalah pilihan terbaik pertama kami. Ini adalah analisis tidur dan aplikasi jam alarm pintar. Cara kerjanya adalah waktu tidur kamu akan terdeteksi dengan menggunakan mikrofon atau akselerometer, sesuai pilihan.

Salah satu keunggulan paling mutakhir dari aplikasi ini adalah mendorong pengguna untuk membaca kebijakan privasi serta syarat dan ketentuan dengan lebih detail dan akurat, tidak seperti banyak aplikasi lain.

Untuk mikrofon, yang merupakan opsi yang direkomendasikan oleh aplikasi, telepon harus diletakkan di meja samping tempat tidur. Aplikasi ini menganalisis gerakan kamu dan melacak dengkuran kamu saat Anda tidur.

Pada aplikasi sleep tracking terbaik ini jika kamu telah memilih opsi akselerometer, telepon harus diletakkan di dekat kepala di kasur atau di bawah bantal.

Kamu dapat memilih apakah akan menggunakan opsi ‘Deteksi mendengkur’ atau tidak dan juga memiliki kontrol atas periode waktu yang dinginkan untuk mengaktifkan fitur deteksi mendengkur.

Panduan visual yang disebut ‘Pengingat penempatan’ akan mengingatkan kamu untuk memosisikan ponsel dengan benar untuk menggunakan aplikasi dengan benar.

Sebaiknya gunakanlah aplikasi ini dengan keadaan ponsel modus pesawat agar tidak beresiko pada kesehatan. Alih-alih mengatur waktu tertentu untuk bangun, Sleep Cycle akan mendorong kamu untuk mengatur periode waktu bangun melalui fitur yang disebut ‘fase Bangun’.

Fitur ini akan memberi kamu jendela waktu mulai dari 10 menit hingga maksimal 45 menit untuk bersiap bangun. Opsi Tunda juga dapat disesuaikan dengan keinginan.

Aplikasi merekomendasikan opsi ‘Cerdas’, yang “memberi kamu momen yang bergerak secara dinamis hingga waktu bangun,” sedangkan dengan opsi ‘Reguler’, kamu dapat menyesuaikan interval waktu yang dibutuhkan antara setiap penundaan.

kamu juga dapat memilih apakah akan menyetel opsi ‘Getaran’ dengan alarm. ‘Sleep Schol’ adalah program pelatihan gratis yang ditawarkan oleh Sleep Cycle untuk siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang tidur.

Fitur ‘Jurnal’, yaitu grafik dan analisis tidur tersedia dalam versi gratis, sementara statistik terperinci mengenai data tidur kamu akan tersedia dalam versi premium.

Sleep Cycle juga memiliki tema tidur yang membantu kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Suara gratis yang tersedia di Sleep Cycle adalah Angin hangat, Rawa hutan, Kabut pagi, dan Matahari Terbit.

Untuk lebih banyak opsi atau untuk menambahkan musik sendiri, kamu harus meningkatkan ke versi premium.

2. SleepScore: Aplikasi Sleep Tracking

SleepScore: Aplikasi Sleep Tracking

SleepScore adalah pilihan kedua kami. Setelah mengambil persetujuan awal untuk mengumpulkan data terkait manajemen tidur, SleepScore meminta beberapa detail dasar seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

Kamu dapat memilih area tidur mana yang ingin diperbaiki, dari lima opsi berbeda yang disediakan, termasuk, ‘mudah tertidur’, ‘tertidur lebih lama,’ ‘mendengkur dan menggiling,’ dll.

Jika tidak, yakin tentang apa yang harus difokuskan, kamu cukup menekan opsi ‘Saya akan melacak untuk mengetahui’.

Seperti namanya, SleepScore menilai tidur kamu dari 1-100 dan memberi tahu kamu berapa skor tidur ideal rata-rata yang diperlukan untuk usia kamu. Pelacak tidur dari SleepScore menunjukkan berapa lama kamu berada di setiap tahap tidur.

Tidur Ringan adalah saat paling mudah untuk diganggu, Tidur Pulas adalah saat tubuh pulih, dan tidur REM adalah saat otak memproses ingatan dari hari itu. Setiap tahap tidur kamu dinilai secara individual.

SleepScore menggunakan teknologi sonar yang dipatenkan yang menggunakan gelombang suara untuk melacak tidur kamu. Saat ini, teknologi sonar tidak didukung di semua versi iOS dan Android.

Ini hanya berfungsi dengan iPhone 6 dan lebih tinggi dan perangkat Android yang mendukung teknologi sonar adalah Samsung Galaxy S7, S7 Edge, S8, S8 +, S9, S9 +, Note 8, Note 9 dan Google Pixel 2 XL.

Teknologi Sonar dikatakan dapat meningkatkan kualitas pelacakan tidur kamu. SleepScore juga memungkinkan kamu untuk mengatur Alarm Cerdas dengan jendela snooze pilihan.

3. Sleep Monitor

aplikasi android Sleep Monitor

Sleep Monitor melacak tidur kamu menggunakan mikrofon. Kamu akan diberikan berbagai opsi untuk dipilih dari kemungkinan gangguan tidur yang mungkin kamu alami seperti kopi, alkohol, merokok, dan sebagainya.

Jika kamu adalah seseorang yang cenderung menuruti beberapa faktor gangguan tidur yang disebabkan oleh hal di atas, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Sleep Monitor. Aplikasi Sleep Tracking terbaik ini juga merupakan pilihan yang baik untuk seseorang yang mencari antarmuka pengguna yang sederhana.

4. Sleep Time

aplikasi sleep Time android dan iphone

Sleep Time adalah aplikasi untuk mereka yang hanya ingin tahu waktu yang tepat untuk bangun tergantung pada waktu mereka tidur.

Aplikasi ini tidak melacak tidur atau memberi analisis apa pun tentang pola tidur, namun akan membagi waktu tidur kamu menjadi enam siklus dengan alarm terpasang di masing-masing siklus.

Kamu dapat memilih jumlah siklus tidur yang diinginkan. Jika kamu memilih seluruh 6 siklus tidur, alarm aplikasi akan mati kira-kira setelah 9 jam. Tetapi memiliki opsi untuk memilih sejumlah siklus tergantung pada seberapa lama kamu ingin tidur.

Ada juga fitur Tema di mana kamu dapat memilih palet warna yang disukai untuk aplikasi kamu. Selain itu, tidak banyak yang ditawarkan Sleep Time. Jika kamu mencari aplikasi yang hanya melacak siklus tidur kamu dan bukan pola tidur, ini bisa menjadi aplikasi yang tepat untuk kamu.

Nah begitulah saran aplikasi Sleep Tracking buat Android dan iPhone dari kami agar tidur kamu menjadi lebih berkualitas, sehat dan teratur.

Tentunya juga akan semakin berdampak kesehatan yang prima jika diterapkan dalam keseharian. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?