Home Gadget Tips Cegah HP Panas Saat Main Game (ML, PUBG, CODM)

Tips Cegah HP Panas Saat Main Game (ML, PUBG, CODM)

Tips Cegah Panas Saat Bermain Mobile Game

review1st.com – Tips cegah HP panas saat bermain game Mobile Legends, PUBG, CODM mungkin dibutuhkan para gamers yang perangkatnya standar. Karena biasanya cepat panas seperti setrikaan.

Bukan rahasia jika smartphone saat ini bukan menjadi alat komunikasi saja, namun bisa menjadi alat pendukung untuk mendapatkan hiburan seperti memantau media sosial, menonton film, atau mendengarkan musik.

Selain sebagai perangkat hiburan, HP juga bisa untuk bermain mobile game mulai dari permainan ringan, game dengan grafis menarik hingga game 3D nan berat.

Ketika digunakan untuk menjalankan tugas berat seperti aktivitas gaming, HP kamu mungkin akan mengalami panas berlebih main ML, PUBG, CODM dsb.

Saat terjadi overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam HP. Tentu kita ingin mencegah HP panas saat main game.

Panas inilah yang menyebabkan HP jadi lemot dan kurang responsif. Jika suhu smartphone tinggi bisa mengakibatkan berbagai masalah serius pada smartphone.

Kasusnya seperti bocornya baterai, kehilangan data, dan masalah pelik lainnya. Bahkan, smartphone bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi ketika sudah melewati suhu tertentu.

Untuk menghindari hal tersebut, beberapa tips mencegah HP panas saat main gane yang bisa kamu lakukan:

1. Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Saat gaming, hampir 100% kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi game. Aplikasi yang berjalan di background bisa menyedot sumber daya dan menyebabkan smartphone menjadi lemot.

BACA JUGA
Jangan Ketinggalan! Genshin Impact dan UniPin Munculkan Berbagai Kompetisi dan Hadiah Seru

Biasanya, aplikasi yang sering masih berjalan di background adalah browser, musik, dan media sosial. Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan.

Kemudian, perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM (Random Access Memory).

Lalu, matikan aplikasi tidak penting selain game pilihanmu agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

Cara ini bermanfaat mencegah HP panas saat main game berat seperti ML, PUBG atau CODM.

2. Cegah HP Panas Dengan Bersihkan Ruang Simpan

Seringkali smartphone penuh dengan aplikasi yang tidak penting dan jarang sekali kamu gunakan. Deretan aplikasi ini bisa berupa browser, aplikasi wallpaper, atau pemutar musik dan video, serta game.

Apabila aplikasi-aplikasi tersebut masih ter-install di dalam smartphone maka akan menguras kapasitas RAM yang ada.

Cara mencegah HP panas saat main game, sebaiknya kamu hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai tersebut karena berpotensi membuat kinerja smartphone lambat saat bermain game.

Gunakan fitur Clean storage di Settings, lalu hapus juga foto, video, cache, audio, dan dokumen yang tidak terpakai atau pindahkan ke SD Card. 

3. Pilih Smartphone Bersistem Pendingin Terbaik

Penggunaan smartphone sehari-hari seperti untuk bermain game dalam waktu lama sering menyebabkan masalah panas. Nah, kita harus mencegah HP panas saat main game.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih perangkat yang memiliki spesifikasi software dan hardware terbaik, serta sistem pendingin yang bisa menghilangkan panas berlebih dengan cepat. Ini bisa mencegah HP panas saat main game.

BACA JUGA
Cara Perpanjang SIM Online di HP Android

Kamu dapat memilih perangkat OPPO Reno6 yang dibekali dengan perangkat keras terbaik di kelasnya sehingga menawarkan kenyamanan ketika digunakan untuk bermain mobile game.

Selain itu, sistem Multi-Cooling System yang dimilikinya mampu mengurangi panas 21,9% lebih efisien apabila dibandingkan dengan perangkat serupa versi sebelumnya.

Multi-Cooling System pada OPPO Reno6 telah ditingkatkan dengan menggunakan kombinasi aluminium dan baja yang mempunyai konduktivitas termal tinggi untuk memberikan disipasi panas lebih baik.

Tiga lapisan grafit ditempatkan pada bingkai penutup atas untuk pembuangan panas dan pada bagian baterai.

Sementara itu, gel konduktif ditambahkan pada bagian motherboard dan lembaran grafit dengan tebal 0,01mm pada bagian speakerchip, dan prosesor.

Sistem pendingin ini menjaga OPPO Reno6 untuk memiliki suhu stabil dan tidak mudah panas, terutama untuk menjalankan game dalam waktu lebih dari satu jam.

Dengan tambahan kombinasi chipset Qualcomm Snapdragon 720G, aktivitas bermain game di OPPO Reno6 juga kian terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Previous article20 HP Terbaik 2021 Harga 1-2 Jutaan (November)
Next article5 Cara Menembak di PUBG Mobile ala Pro Player
Hey there, I am using my mind.