Review Realme Buds Air 2: TWS Murah Dengan ANC

review1st.com – Realme Buds Air 2 resmi diluncurkan di Indonesia. TWS earbuds terbaru ini adalah rangkaian realme AIOT yang didedikasikan untuk menjawab kebutuhan anak muda.

Unit review realme Buds Air 2 ini adalah TWS spesial dari realme karena realme Music Studios berkolaborasi dengan The Chainsmokers sebagai Special Invited Chief Tuner untuk koleksi smart audio terbaru ini.

review realme buds air 2

Review Realme Buds Air 2

Nah, kebetulan kami sudah memegang unit review Realme Buds Air 2 yang mengusung slogan Noise Off, realme On. Desain produk ini sangat mirip dengan Realme Buds Air Pro yang diluncurkan sebelumnya.

Tapi bagaimana dengan speknya? Yuk kita gali lebih dalam TWS dengan Active Noise Cancellation yang paling direkomendasikan dengan harga di bawah 600 ribuan ini.

Rancangan Bodi

Earbud TWS terlihat mirip dengan Realme Buds Air Pro. Mengusung trendsetting design dengan two-color splicing: realme Buds Air 2 menggunakan kombinasi warna hitam & biru, silver & putih, warna-warna stylish akan menarik perhatian.

realme memperkenalkan desain baru pada realme Buds Air 2 yang lebih disempurnakan. Membawa desain lengkung seperti generasi sebelumnya dan juga mengadopsi desain lapisan dua warna.

Berat unit review realme Buds Air 2 hanya 4,1 gram, atau lebih ringan dari selembar kertas ukuran A4. Sangat ringan hingga tak terasa ketika dipasang di telinga! realme Buds Air 2 hadir dengan tiga ukuran ujung silikon yang berbeda (S/M/L).

Bentuk dari realme Buds Air 2 sendiri dirancang berdasarkan bentuk kanal telinga manusia. Sehingga realme Buds Air 2 terasa pas di telinga, mudah dipasang, dan nyaman untuk dipakai seharian.

Penting untuk memilih ukuran ujung silikon yang paling sesuai dengan telinga untuk mengoptimalkan peredaman kebisingan. realme Buds Air 2 mendukung IPX5 water resistant, atau tahan air terhadap cipratan, hujan, dan keringat pada skenario penggunaan sehari-hari (tidak berlaku pada charging case).

Active Noise Cancellation

Active Noise Cancellation realme buds air 2

Unit review realme Buds Air 2 mendukung Active Noise Cancellation – sebuah fungsi yang umumnya hanya terdapat di earbuds dan headphones kelas flagship.

realme berhasil membawa fitur peredam kebisingan ini untuk semua kalangan, membuat fitur yang awalnya hanya untuk kelas high-end, kini menjadi lebih terjangkau untuk seluruh pengguna.

Dengan Active Noise Cancellation hingga 25dB, realme Buds Air 2 memonitor kebisingan dari luar melalui mikrofon penerima, memungkinkan realme Buds Air 2 mengirimkan suara anti-bising untuk menghilangkannya.

realme Buds Air 2 mampu menyaring kebisingan dengan frekuensi yang sangat rendah, termasuk kebisingan pesawat, kereta, dan alat transportasi lainnya.

realme Buds Air 2 juga dapat meredam kebisingan peralatan elektronik rumah tangga, sehingga pengguna dapat menikmati musik sambil bekerja tanpa terganggu.

Audio

audio realme buds air 2

10mm Diamond-class Hi-Fi Driver menjadi perangkat keras yang menjadi dasar dari kualitas suara. Untuk meningkatkan kualitas suara dan pengalaman, realme bersama The Chainsmokers memiliki sebuah diafragma karbon seperti berlian.

Ini biasanya hanya ditemukan di earbuds atau headphone kelas flagship dengan rentang harga 2 juta hingga 20 juta rupiah. Hasilnya, pengguna dapat menikmati suara dengan kualitas tinggi berkat material yang kekuatannya setara berlian.

realme juga bekerjasama dengan The Chainsmokers untuk meluncurkan Bass Boost+, solusi peningkatan bass yang terbaru. Fitur ini memberikan kekuatan bass seperti mendengarkan musik secara langsung (live).

Kini pengguna dapat meningkatkan pengaturan bass untuk rekaman, music elektronik, rock, dan lainnya.Apalagi realme Buds Air 2 mendukung audio AAC berkualitas tinggi.

Performa

chipset realme buds air 2

Pada bagian chipsetnya, realme secara eksklusif telah menyesuaikan generasi baru chip cerdas untuk mengurangi kebisingan yakni Chip R2.

Keunggulan utama dari chip ini adalah kemampuannya untuk mendukung Active Noise Cancellation, yang juga disertai dengan kinerja komputasi yang fantastis, efisiensi energi yang lebih baik, koneksi yang lebih stabil, dan kualitas panggilan yang lebih tinggi.

Ada beberapa peningkatan yang mengesankan di sini. Dibandingkan dengan Chip R1 generasi sebelumnya, daya tahan baterai telah meningkat hingga 80% dan latensi telah berkurang hingga 35% pada kondisi yang sama.

Sinyal penerima dan transmisi telah ditingkatkan hingga 3dB dan 2dB. Chip ini juga sudah mendukung Bluetooth 5.2 yang terbaru. Baterai juga telah ditingkatkan secara signifikan di realme Buds Air 2.

Dengan chip realme R2 yang hemat daya, serta kapasitas baterai yang besar, realme Buds Air 2 dapat digunakan hingga total 25 jam penggunaan.

Dengan satu kali pengisian daya, earbuds sendiri akan dapat digunakan hingga 5 jam, atau dua jam lebih lama daripada sebelumnya, meningkat sebanyak 66.7%.

Kapasitas baterai pada earbuds dan pod pengisiannya jika digabungkan telah meningkat dari 17 jam menjadi 25 jam.

Lebih jauh, realme Buds Air 2 juga sudah mendukung pengisian daya cepat. Dalam 10 menit pengisian, realme Buds Air 2 dapat digunakan selama 120 menit.

realme link app

Kalian bisa melakukan kustomisasi pada unit review realme Buds Air 2 melalui realme Link App. Berbagai hal bisa dilakukan, mengaatur fungsi touch control untuk menyalakan/mematikan mode ANC, Gaming Mode, pengaturan control EQ, dan lebih banyak lagi.

Sebagai tambahan, terdapat dua mode di realme Link App – Dynamic dan Bright. Dynamic menyeimbangkan bass, treble, dan mid-sounds.

Sedangkan Bright meningkatkan suara manusia. Mode Bright cocok digunakan untuk mendengarkan podcast dan audiobook.

Berikut opsi Intelligent Touch Controls yang bisa diatur via realme Link App:

  • Double tap: Play/pause, menjawab/menutup telepon
  • Triple tap: Next track
  • Tahan 2 detik pada satu earbud: Mengalihkan telepon
  • Tahan 2 detik pada kedua earbuds: Beralih antara ANC dan Mode Transparan

Fitur Lain

realme Buds Air 2 hadir dengan Mode Transparan (Transparency Mode), yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara sekitar dalam satu kali klik.

Walaupun hadir dengan desain in-ear, berkat Mode Transparan ini, pengguna dapat tetap berbicara dengan orang lain tanpa melepas realme Buds Air 2.

Mikrofon ganda membentuk sistem peredam bising yang kuat, didukung dengan algoritma peredam bising ENC, yang secara siginifikan dapat meredam kebisingan dari lingkungan sekitar.

fitur realme buds air 2

Untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang kerap bermain games menggunakan headphone, realme meningkatkan Game Mode dengan latensi serendah 88ms. Suara dan gambar akan semakin selaras ketika digunakan saat bermain game.

Harga realme Buds Air 2

realme Buds Air 2 hadir dengan harga Rp 799,000 dan dibanderol menjadi Rp 599,000 pada penjualan perdana. Early-Bird Sale pada 7 April – 16:00 WIB dan Flash Sale pada April 8 – 12:00 WIB.

Seri ini tersedia di JD.ID: http://bit.ly/realme-buds-air-2-jd dan realme.com: http://bit.ly/realme-buds-air-2. Dan akan tersedia di realme Official Store seluruh Indonesia pada 10 April.

Spesifikasi Realme Buds Air 2:

ColoursCloser Black / Closer White
ChipsetR2
Touch Control·Double tap: Play/pause. Answer calls/Hang up·Triple tap: Next track. · Long press 2s on one earbud:Reject calls·Long press both earbuds 2s: Switch between ANC and Transparency Mode
CallingDual Mic Noise Cancellation
Noise Reduction ModeANC
ConnectivityBluetooth 5.210m Connectivity Range((in an obstacle-free environment)Dual-channel Transmission
Size and WeightCharging Case60.3*57*24mmWeight: 34.5g (Charging Case), 4.1g (Single Buds)
ChargingUSB Type-C
Battery LifeCharge time: 2hrs to fully charge charging case & earbuds; 1hr to fully charge earbuds only.
120min playback when charging pod & earbuds are charged for 10min (noise cancellation off at 50% volume with AAC).
Boxrealme Buds Air 2 × 1Charging case × 1Earbud tips × 3(S,M,L, M installed by default)Type-C charging cable × 1User Guide, Safety Standard Card, Warranty Card × 1Info card × 1

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”