10 Mechanical Keyboard Terbaik Dibawah 1 Juta (November 2020)

#kamisukareview – Perangkat keyboard yang ada di pasaran saat ini telah dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni Mechanical Keyboard dan rubber-dome. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat nyata, mulai dari kenyamanan saat digunakan, ketahanan atau keawetannya dan juga harganya.

Buat catatan saja, keyboard merupakan perangkat utama ketika kita menggunakan sebuah komputer, namun demikian banyak dari kita yang tidak begitu memperhatikan perangkat ini, namun bagi sebagian orang yang memiliki pekerjaan tertentu, keyboard adalah perangkat penting yang harus sesuai dengan kebutuhannya.

Mechanical Keyboard Terbaik Dibawah 1 Juta

Umumnya, keyboard mekanik memiliki feel yang lebih nyaman saat digunakan karena komponen utama yang berada didalamnya menggunakan switch mekanis dengan pegas atau per dengan kelenturan tertentu, sementara keyboard rubber dome menggunakan pegas karet yang biasanya memiliki kelembaman yang mudah pudar ketika digunakan dalam waktu yang lama. Karena itu keyboard mekanis memiliki kekuatan 5 kali lebih awet dibanding dengan keyboard rubber-dome.

Dengan demikian harga dari keybaord mekanis biasanya ditawarkan lebih mahal dari harga keyboard rubber dome karena memang itulah dibuatnya keyboard rubber dome ini, yakni untuk menekan harga, walaupun tidak semua keyboard rubber dome jelek, karena untuk beberapa merek keyboard rubber dome juga ada yang memiliki feel yang enak dan relatif awet saat digunakan.

Namun demikian, menggunakan keyboard mekanis ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah mengurangi resiko RSI (repetitive strain injury) rasa sakit yang muncul karena seringnya mengetik.

Kamu juga akan lebih mudah merawat keyboard mekanik karena beberapa komponennya mudah dilepas pasang, untuk beberapa model bahkan ada yang tidak di solder sehingga kamu bisa mengganti switchnya sesuai dengan switch yang kamu kehendaki, terlebih untuk bagian tombol (keycaps) nya.

Buat kamu yang ingin memulai menggunakan Mechanical Keyboard terbaik dengan harga murah dibawah 1 jutaan per November 2020, bisa memilih salah satu dari daftar yang kami buat di bawah ini:

1. Vortex VX5

mechanical keyboard Vortex VX5

Keyboard ini memiliki ukuran lebih kecil dari keyboard pada umumnya, karena itu Vortex VX5 besutan produsen lokal Vortex Series ini masuk kedalam kibor jenis 60%, ia tidak memilki tombol angka dan tombol tanda panah maupun tombol fungsi F1 – F12 yang berderet dibagian atas, namun sebagai penggantinya kamu bisa menekan tombol Fn (function) untuk mengaktifkan tombol-tombol tersebut.

Keyboard Vortex VX5 juga memiliki backlight RGB yang bisa diatur oleh pengguna, tersedia aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur kombinasi warna lampu serta mengatur fungsi makro. Yang menarik dari model ini ialah tersedianya dua port USB di bagian depannya, sehingga pengguna bisa melepas kabel USBnya dan di tempatkan di bagian kiri atau kanan keyboard ini.

Fitur menarik lain dari keyboard ini ialah kemampuan untuk bisa melepas pasang switch tanpa harus menggunakan solder, istilah ini disebut sebagai hotswap, walaupun standarnya ia hanya bisa menggunakan switch merk Outemu saja. Saat tulisan ini kami buat, stock dari keyboard Vortex VX5 ini banyak yang habis, hal ini dikarenakan harganya yang relatif bersahabat yakni Rp. 350 ribu saja.

2. Koodo Beast PRO

koodo beast pro

Koodo Beast PRO merupakan salah satu mechanical keyboard lokal menarik yang ada di pasaran saat ini, selain menawarkan harga yang relatif murah yakni hanya sekitar kurang dari Rp. 900 ribu saja, pengguna akan disuguhkan dengan fitur menarik yang ada di keyboard ini seperti koneksi Bluetooth, bentuk model TKL atau Tenless Key alias tanpa tombol numerik, serta switch Gateron.

Pada sisi bagian depan dari keyboard ini terdapat port USB yang bisa menggantikan port USB yang ada di PC, ia juga memiliki lighting RGB dan tombol scroll yang bisa berfungsi untuk mengatur volume suara ataupun fungsi lain sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan.

3. Royal Kludge RK61

royal kludge rk61

Memiliki bentuk keyboard 60%, keyboard RK61 racikan perusahaan Tiongkok ini memiliki fitur Bluetooth yang bisa dipair dengan tiga perangkat berbeda sekaligus dan mendukung sistem iOS, Android dan Windows, karena bentuknya yang kecil, keyboard ini sangat cocok bagi anda yang sering bepergian dan banyak menggunakan HP atau tablet untuk mengetik.

Sama seperti yang lain pada umumnya, ia juga memiliki fitur N-Key Rollover yang memfasilitasi kamu saat mengetik dan bermain game. Untuk baterainya sendiri telah didunkung dengan kapasitas 800 mAh yang cukup digunakan mengetik dalam waktu lama.

Jikapun tidak ingin menggunakan fitur Bluetoothnya, kamu bisa menghubungkan mechanical keyboard ini ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Saat tulisa ini kami buat, sejumlah toko online di tanah air telah membanderol keyboard RK61 ini dengan harga mulai dari Rp. 800ribu-an.

4. Vortex VX87

mechanical keyboard vortex

Keyboard mechanical racikan Vortrex Series ini memiliki bentuk TKL serta menawarkan opsi hotswap yang mendukung banyak merk switch, berbeda dengan VX5 yang hanya mendukung switch hanya merek Outemu saja, varian Vortex VX87 ini memiliki dukungan untuk bisa menggunakan hampir semua merek switch seperti Cherry MX, Gateron, Kailh maupun Outemu.

Kendati tidak mendukung fungsi wireless, keyboard ini telah ditawarkan dengan harga yang cukup menarik yakni Rp. 500 ribuan saja dengan switch standarnya menggunakan Outemu Red maupun Brown. Bagi kamu yang ingin mulai mencoba menggunakan keyboard mekanik dan merasakan berbagai switch yang ada dipasaran, bisa mencoba menggunakan Vortex VX87 ini sebagai permulaan.

5. Digital Alliance Meca Sport

digital alliance meca sport keyboard mechanical

Sama seperti Vortex VX5, mechanical keyboard besutan Digital Alliancee ini juga mengusung bentuk 60%, sekilas bentuknya memang mirip dengan Vortex VX5 dan sama-sama cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan pengguna mulai dari main game ataupun yang lainnya.

Switchnya juga sama-sama menggunakan Outemu dengan berbagai varian warna seperti Blue, Red dan Brown. Saat tulisan ini kami buat, penjualan dari model Meca Sport ini sudah jarang ditemui di pasaran sehingga harganya menjadi sedikit lebih mahal dari VX5 yakni ditawarkan dengan harga Rp. 400 ribuan.

6. Anne PRO 2

keyboard mekanis ane pro 2

Mechanical keyboard Anne Pro 2 merupakan salah satu merek yang juga banyak digunakan oleh para pengguna keyboard mekanik di tanah air lantaran memiliki fungsi Bluetooth dan kemudahan opsi untuk mengganti keycapsnya. Bentuk 60% yang diusungnya membuat ia sangat ringkas saat digunakan oleh pengguna mobile.

Dari pantauan kami, Anne PRO 2 ada yang dijual dengan switch Gateron, Kailh ataupun Cherry MX sehingga harga yang ditawarkan mungkin berbeda sesuai dengan merk switch yang digunakannya. Harga yang kami temukan mulai dari Rp. 1,1 juta-an.

7. Warwolf V10

warwolf 10

Saat tulisan ini kami buat, keyboard mekanik warwolf V10 merupakan varian tertinggi dari merk Warwolf, selain bisa digunakan oleh pengguna kantoran, keyboard ini juga bisa memenuhi kebutuhan para gamer dengan menghadirkan
fitur seejumlah tombol yang bisa disetting. Harga yang ditawarkan saat ini adalah Rp. 385 ribuan, namun tidak memiliki fungsi Bluetooth dan ia juga memiliki bentuk full keybaord lengkap dengan tombol angka yang ada di bagian kanannya.

8. Generic Imperion Mech 7

Generic Imperion Mech 7

Keyboard ini merupakan Gaming Keyboard yang hadir dengan teknologi RGB 7 warna yang dapat diatur agar sesuai dengan selera kamu. Bodinya terbuat dari bahan aluminium sehingga memiliki felel semakin terlihat kuat dan tangguh.

Switch keyboard ini menggunakan merk Kailh yang diklaim memiliki daya tahan hingga 50 juta keypress. Untuk kabel USB, dilapisi oleh Gold Plated yang menjamin data transfer dari keyboard ini sangat responsif. Kendati menggunakan komponen yang cukup berkualitas keyboard mekenik ini ditawarkan dengan harga hanya sekitar Rp. 475ribuan saja.

9. Vortex VX64

Vortex VX64

Selain VX5, Vortex Series juga baru saja merilis mechanical keyboard berkuran 65% yang menarik, yup karena ia hadir dengan sejumlah keunggulan dibanding dengan model pendahulunya, yakni switch Gateron Brown, fitur Bluetooth dan juga tiga varian warna berbeda yang bisa dipilih oleh seperti hitam, putih dan pink.

Sama seperti VX5, varian teerbaru ini juga memiliki fitur hotswap yang bisa mendukung banyak switch seperti Gateron maup[un Cherry MX, penggunanya juga bisa memasangkan Bluetooth di keyboard ini dengan perangkat bersistem Android, iOS, MacOS maupun Windows, keyboard yang memilikk plate besi ini juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni hanya Rp. 900ribuan saja.

10. Fantech MK871

Fantech MK871

Walaupun ditawarkan dengan harga kurang dari 500ribuan, keyboard Fantech MK871 menawarkan sejumlahkelebihan yakni penggunaan gold plated untuk kabel USBnya sehingga tidak mudah berkarat, kabelnya juga cukup tebal dan tombolnya memiliki fitur Anti Ghost, 6 Colour LED, pengunci tombol Windows, hingga fitur dukungan untuk multimedia.

Demikianlah daftar mechanical keyboard berharga murah dibawah 1 jutaan versi review1st, jika anda memiliki rekomendasi perangkat berharga murah lain yang menurut anda menarik, silahkan tuliskan di kolom komentar.