review1st.com – Acer Swift 3 Now (SF314-512) resmi meluncur ke Indonesia pada Mei 2022 lalu. Laptop ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pelajar dan pekerja yang membutuhkan laptop tipis dan ringan, serta performa andal.

Dibandingkan pendahulunya, Acer Swift 3 Now sudah memiliki banyak peningkatan. Misalnya, performa tinggi hemat baterai dengan dukungan 12th Gen Intel® Core™ processors dengan Acer TwinAir Technology (Dual Fans) dan tersertifikasi Intel® Evo™ platform yang menjamin performa cepat dan baterai tahan lama hingga 15 jam penggunaan.

Selain itu, Acer Swift 3 Now dibekali layar beresolusi QHD dan dukungan 100% sRGB menyajikan visual yang detail dan memanjakan mata. Dilengkapi pula webcam beresolusi FHD yang menyajikan gambar terang, cerah, dan minim noise berkat dukungan Acer Temporal Noise Reduction.

Kesempatan kami peroleh untuk mencoba langsung Acer Swift 3 Now. Buat Anda yang mungkin berminat meminang laptop ini, ada baiknya simak dulu review Acer Swift 3 Now yang telah kami buat berikut ini.

Desain Ringan, Penuh Warna 

Swift 3 Now masuk kategori laptop ultra-thin dengan mengusung desain yang tipis dan ringan. Ketebalan laptop ini hanya 15,9mm dan bobot yang sangat ringan mencapai 1,2kg. Karena cukup ringan dan tipis, laptop ini mudah kami bawa kemana saja, baik ke kantor atau sekedar ke cafe menyelesaikan pekerjaan.

Kurang lebih, laptop ini layak dipilih untuk Anda yang punya mobilitas tinggi. Tidak perlu khawatir akan direpotkan, karena Swift 3 Now justru akan memudahkan Anda.

Swift 3 Now hadir dengan warna baru yang lebih fresh (two tone) dan ringkas yang lebih stylish. Ada tiga varian warna yang disajikan laptop ini yaitu Pure Silver, Haze Gold, dan Iris Blue. Ketiga warna ini, menampilkan kesan elegan dan colorful. Pada unit yang kami review ini merupakan varian Iris Blue.

BACA JUGA
Review Infinix GT 20 Pro: HP Gaming Terjangkau dengan Chip Powerful

Keseluruhan bodinya menggunakan material aluminium dan dipadukan dengan classy diamond cut, sehingga terlihat premium. Bagian touchpad-nya terbuat dari material OceanGlass™ atau campuran kaca dengan sampah laut yang didaur ulang. 

Bagian keyboardnya juga sudah dilengkapi dengan backlit yang membuat laptop ini menawarkan visibilitas lebih baik. Di bagian kanan atas, tepatnya di tombol power sudah terintegrasi dengan fitur pemindai sidik jari.

Kemampuannya juga terbilang responsif untuk digunakan membuka kunci layar. Hanya butuh sepersekian detik saja begitu jari menempel di tombol power.

Apalagi laptop ini sudah disertakan sistem operasi Windows 11 Home dan software Microsoft Office Home & Student 2021. Jadi dengan uang yang Anda keluarkan untuk memboyong laptop ini, Anda bisa langsung menggunakannya untuk mendukung kebutuhan.

Layar yang Memanjakan Mata 

Acer Swift 3 Now menghadirkan peningkatan di bagian resolusi layar, dibandingkan dengan pendahulunya. Kini Acer Swift 3 Now datang dengan layar 14 inci dan beresolusi QHD yang menyuguhkan visual memukau. Bagian bezel dibuat tipis sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih imersif.

Tersemat fitur 100% sRGB yang membuat warna yang ditampilkan layar jadi terlihat lebih cerah dan berakurasi tinggi. Semakin lengkap dengan tersedianya Acer BlueLightShield yang berguna mengurangi pancaran sinar biru ke mata. Dengan begitu, mata kami tidak cepat lelah saat menatap layar dalam waktu yang lama.

Selama menggunakan laptop ini, kami sukses dibuat kagum dengan kualitas layarnya. Begitu nyaman saat digunakan untuk bekerja, dan sangat betah di mata ketika menikmati streaming film di laptop Swift 3 Now.

Buat Anda yang memang butuh laptop dengan layar beresolusi tinggi, seperti creator konten, animator, ilustrator atau desainer, laptop ini sangat bisa dijadikan pilihan. 

Performa Jempolan

Mengintip sektor dapur pacunya, Acer Swift 3 Now diperkuat dengan 12th Gen Intel® Core™ Processors P Series. Untuk saat ini, yang hadir di Indonesia, hanya varian Intel® Core™ i5-1240P processor. 

BACA JUGA
ASUS Rilis ROG Ally X: Standar Baru Konsol Game Genggam Windows

Intel® Core™ i5-1240P Processor ini dibuat dengan arsitektur hybrid yang membuatnya memiliki core untuk performance (P Core) dan core untuk efisiensi (E Core). Prosesor ini memiliki total 12 core (4P Core dan 8E Core), 16 threads dan kecepatan hingga 4.40 GHz.

Kinerjanya dimaksimalkan dengan dukungan grafis dari Intel® Iris® Xe Graphics RAM LPDDR4x berkapasitas 16 GB untuk mendukung multitasking yang lancar. Soal penyimpanan didukung RAM 16 GB LPDDR4X serta SSD NVME berkapasitas 512GB yang memiliki respon cepat dan dapat di-upgrade dengan adanya 2 slot SSD yang tersedia.

Tersertifikasi Intel® Evo™ Platform, laptop ini memberikan jaminan responsivitas, daya tahan baterai, konektivitas, audio, layar, dan desain tipis serta ringan yang luar biasa yang dibutuhkan untuk bergerak bebas dan tetap produktif.

Menjaga performanya optimal dan stabil, Acer menggunakan teknologi kipas Acer TwinAir terbaru. Berkat teknologi ini, pendinginan meningkat hingga 27,5%.

Berikut ini sejumlah hasil pengujian yang telah kami lakukan dengan menggunakan aplikasi PC Mark, Cinebench dan Crystal Disk Mark.

Benchmark

Selama menjadikan Swift 3 Now sebagai laptop harian, kami sama sekali tidak menemukan kendala. Performanya lancar ketika digunakan untuk bekerja (apalagi kami memiliki mobilitas cukup tinggi),  atau sekadar digunakan bersantai menikmati hiburan seperti menonton film.

Saat browsing internet, sosial media, streaming video dan kegiatan lainnya yang membutuhkan koneksi internet, terasa lebih smooth. Karena laptop ini disokong Intel® Killer™ Wi-Fi 6E untuk koneksi nirkabel berkecepatan tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi file dengan cepat, dan pengalaman streaming 4K yang lancar. 

Selain itu, dukungan Intel Killer Intelligence Center dapat mengatur prioritas penggunaan data. Sehingga kami dapat mengatur penggunaan data sesuai dengan yang diinginkan.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A35 5G: HP Tahan Air dengan Kamera Mumpuni

Ketika meeting online pun kami merasa lebih nyaman. Pasalnya, Swift 3 Now dibekali webcam beresolusi FHD. Selain mampu menyajikan gambar yang terang dan jernih, fitur Acer Temporal Noise Reduction dapat membantu mengurangi noise.

Kualitas gambar yang dihasilkan kamera ini di atas rata-rata laptop pada umumnya. Dengan kamera beresolusi FHD, gambarnya begitu jernih dan terlihat bagus. Selain bisa digunakan untuk meeting online, webcam laptop ini bahkan bisa dibuat berfoto dan menghasilkan gambar yang menurut kami sangat bagus.

Jujur, bagian webcam Acer Swift 3 Now ini sedikit membuat kami agak takjub. Karena sangat jarang bagian webcam laptop mendapat perhatian lebih sehingga dapat menghasilkan gambar sejernih ini. Biasanya hanya sekadar ada dan tidak begitu menjadi prioritas. 

Kesimpulan

Kesimpulan yang kami ambil selama mengulas laptop ini adalah, Swift 3 Now mampu menghadirkan banyak kelebihan dari laptop ultra-thin yang memang menjadi andalan dari Acer. Desain ringkas yang memudahkan mobilitas, layar beresolusi tinggi, performa jempolan untuk beragam kebutuhan, serta fitur-fitur pendukung seperti webcam FHD yang jadi kelebihan.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 12.499.000, Acer Swift 3 Now menurut kami sangat worth it untuk dimiliki. Untuk varian lainnya dengan Intel® Core™ i7-1260P Processor dipasarkan dengan harga Rp 14.999.000.

Jangan lupakan juga, setiap pembelian laptop ini Anda juga sudah mendapatkan sistem operasi Windows 11 dan aplikasi Office Home & Student 2021 yang bisa digunakan seumur hidup dan garansi resmi Acer selama 3 tahun services, 2 tahun sparepart dan 1 tahun Acer Priority Care (termasuk Accidental Damage Protection).

Jadi jika Anda berminat dengan laptop ini, Acer Swift 3 Now sudah bisa didapatkan baik melalui toko online dan offline.

Shares: