review1st.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali melanjutkan program inovatif ‘Sampah Jadi Pulsa’, sebagai bagian dari komitmen tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di pilar lingkungan.

Diluncurkan dengan agenda transformasi ekonomi hijau Indonesia dan mendukung pemberdayaan masyarakat melalui teknologi digital.

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Kami ingin menunjukkan bahwa sampah plastik dapat diubah menjadi sesuatu yang bernilai, sekaligus memanfaatkan teknologi digital untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Indosat Ooredoo Hutchison Perkuat Komitmen Lingkungan dengan Program ‘Sampah Jadi Pulsa’

Program ini merupakan langkah nyata dalam mendukung pembangunan berkelanjutan Indonesia dan wujud komitmen Indosat dalam memberdayakan Indonesia.”

Cara Kerja Program ‘Sampah Jadi Pulsa’

Melalui program ini, masyarakat dapat menyetorkan botol plastik di Reverse Vending Machines (RVM) yang tersebar di berbagai kota. Sejak diluncurkan, inisiatif ini telah mengumpulkan lebih dari 23.000 botol plastik—setara dengan 437 kg plastik—dan mengonversinya menjadi pulsa digital senilai Rp 14 juta. Partisipasi dari 1.032 pengguna menunjukkan antusiasme masyarakat dalam mendukung pengurangan sampah plastik.

Dukung MotoGP Mandalika 2024 dengan Kampanye #TrashFreeRace

Sebagai bagian dari acara MotoGP Mandalika 2024, Indosat meluncurkan kampanye #TrashFreeRace, yang bertujuan mengurangi sampah plastik selama acara berlangsung. Para penonton dapat menukarkan botol plastik dengan pulsa IM3 dan Tri melalui RVM atau dropbox yang tersedia di area sirkuit. Dropbox tambahan juga ditempatkan di sekitar Kuta Mandalika untuk menjangkau lebih banyak peserta.

BACA JUGA
UOB Indonesia dan Telkomsel Luncurkan Kartu Kredit Co-Branded untuk Mendukung ‘Lifestyle Connected’

Steve Saerang menambahkan, “MotoGP Mandalika menjadi momen yang tepat untuk memperkuat pesan kami mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Kami mengajak semua orang untuk aktif berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik selama acara.”

Kolaborasi dengan Mitra Lokal

Indosat bekerja sama dengan Conplas, mitra pengelola sampah lokal, untuk mendaur ulang botol plastik yang terkumpul menjadi paving block yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur di Lombok. Langkah ini tidak hanya membantu pelestarian lingkungan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Ekspansi Program ke Seluruh Indonesia

Ke depannya, program Sampah Jadi Pulsa akan diperluas ke lebih banyak kota di Indonesia. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan menyetorkan botol plastik ke dropbox yang tersedia, dan menukarkannya dengan pulsa setelah memasukkan nomor IM3 atau Tri yang aktif.

Indosat berkomitmen untuk terus mendorong kolaborasi dengan mitra lokal dan global, serta memperluas program ini guna mencapai tujuan besar dalam memberdayakan Indonesia melalui teknologi digital yang ramah lingkungan.

Shares: